Pegaruh Motivasi, Disiplin dan Kemampuan Mengajar Terhadap Kinerja Guru SMA N di Kabupaten Empat Lawang

Adi Hariansyah, Indawan Syahri, Diah Isnaini Asiati

Abstract


ABSTRACT

 

Purpose - The purpose of this research is to find out how the Effect of Motivation, Discipline and Teaching Ability on the Performance of High School Teachers in the District of Four Lawang.

Design/methodology - The design of this study is associative research using a causal relationship. The data used in this study are primary data from the answers of respondents as many as 107 teachers of Public High Schools in Empat Lawang Regency. The analytical method used is multiple linear regression and through testing validity and reliability. Test the data used to determine the characteristics of the data, namely the normality test and linearity test. The model test used consisted of multicollinearity test and heteroscedasticity test.

Findings - The results of multiple linear regression testing showed motivation, discipline, and ability together to have a significant effect on teacher performance. Partially motivation has a positive and significant effect on teacher performance, discipline has a positive and significant effect on teacher performance, ability has a positive and significant effect on teacher performance.


Keywords


Motivation, Discipline, Ability, and Teacher Performance

Full Text:

PDF

References


Amboyo, A.F., Syafar, A.W., & Hasanuddin,

B. (2015). Pengaruh kedisiplinan, beban kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru laki-laki dan perempuan pada SMK

Negeri 1 sigi (studi perbandingan). Jurnal katalogis, Vol.3 (10), 185-195.

Arianto D.A.N. (2013). Pengaruh kedisiplinan, lingkungan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja tenaga pengajar. Jurnal Economia, Vol.9 (2), 191-200.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta, Indonesia: PT. Asdi mahasatya.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2008

Fatmasari. (2014). Pengaruh motivasi kerja dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada gugus II sekolah dasar kecamatan kebayakan kabupaten aceh tengah. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, Vol.XIV (2), 426-441.

Gibson. (2009). Perilaku organisasi. Buku 1. Edisi kedua belas. Alih bahasa Diana Angelina 2007. Jakarta, Indonesia:Salemba Empat.

Gusti, M.M. (2012). Pengaruh kedisiplinan, motivasi kerja, dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMKN 1 Purworejo pasca sertifikasi. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasibuan. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta, Indonesia:Bumi Aksara

Hoetomo. (2005). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya, Indonesia:PT Mitra Pelajar

Kunandar. (2008). Guru profesional implementasi KTSP dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta, Indonesia:Grafindo Persada.

Khoiriyah, M. (2010). Pengaruh disiplin kerja guru terhadap disiplin belajar siswa (Studi kasus di SMP Tadika pertiwi cinere Depok). Diunduh dari

http://jurnal.unimed.ac.id/2010/php/article/vi ew/3310.

Mangkunegara, A.P. (2009). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung, Indonesia:PT. Refika Aditama.

Mangkunegara, A.P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, (2007). Menjadi guru profesional. Bandung, Indonesia:PT Remaja Rosdakarya.

Moenir, (2014). Pendekatan manusia dan organisasi terhadap pembinaan kepegawaian. Jakarta, Indonesia:CV.Haji Masagung.

Priyanto, D. (2008)Mandiri Belajar Spss Untuk Analisis Dan Uji Statistik. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Rahmatullah, M. (2016). Kemampuan mengajar guru dalam meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian manajemen pendidikan, Vol.10 (2), 119-126.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta, Indoesia: Salemba Empat.

Simajuntak, P. J. (2005). Manajemen dan evaluasi kerja. Jakarta: Lembaga penerbit Fakultas Eonomi Universitas Indonesia.

Siregar, S. (2015). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi

(cet.3). Jakarta, Indonesia: PT. Bumi Aksara

Sulistyo, A., Wijayanto, W. (2015). Meningkatkan kinerja guru ditinjau dari kedisiplinan dan motivasi kerja guru di SD Negeri X kecamatan tanggungharjo kabaupaten grobogan. Seminar nasional pendidikan UNS & IPSI Jawa tengah.

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Supardi. (2016). Kinerja Guru.(cet.3). Jakarta, Indonesia: Rajawali pers.

Susanto, A. (2016). Konsep, strategi, dan implementasi manajemen peningkatan kinerja guru. (cet.1). Jakarta, Indonesia: Prenadamedia Group.

Undang-undang No.20 tahun 2003 (Tentang Sistem Pendidikn Nasional)

Undang-undang No.14 tahun 2005 (Tentang Guru dan Dosen)

Uno, H. (2004). Landasan Pembelajaran. Gorontalo, Indonesia:Nurul Jannah.

Uno, H.B (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara

Uno, H.B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas guru dalam pembelajaran aspek yang mempengaruhi. (cet.1). Jakarta, Indonesia: PT. Bumi Aksara.

Umar, H. (2017). Metode penelitian: IM9- SMT2 [Catatan kuliah]. Palembang, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Palembang, Prodi S2 Manajemen.

Usman, N. (2008). Manajemen peningkatan kinerja guru . Bandung, Indinesia:Mutiara ilmu.




DOI: https://doi.org/10.32502/motivasi.v4i2.2258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis

 

Creative Commons License

Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is Published by Management Department, Economic and Business Faculty, Muhammadiyah University of Palembang. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed/Abstracted