PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI PRISMA DAN LIMAS BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Refi Ardianto, Syaifudin Syaifudin, Luvi Antari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan contextual teaching and learning pada materi prisma dan limas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) dengan dua tahap utama yaitu tahap preliminary (tahap persiapan, tahap pengembangan model) dan tahap formatif evaluation (tahap evaluasi dan tahap revisi). Subjek penelitian penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki,  18 perempuan, dan seluruhnya merupakan siswa kelas VIII7 di SMP Negeri 7 Palembang. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis dokumentasi, walkthrough, dan data hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh dari penelitian ini adalah 77,57 dengan 20 siswa mendapatkan nilai 75 dan 9 siswa mendapatkan nilai < 75, menandakan bahwa hasil belajar siswa tergolong cukup baik dan penelitian yang dikembangkan memiliki efek potensial.


Keywords


Pengembangan; Lembar Kerja Siswa (LKS); Contextual Teaching and Learning (CTL)

Full Text:

PDF

References


Auliya, R. A., Armiati, & Yusmet, R. (2012). Implementasi CTL Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 24-29. Diambil kembali dari ejournal.unp.ac.id

Hakim, M. A. (2014). Pengembangan LKS Dengan Pendekatan CTL Materi Pokok Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lestari, S. A. (2016). Pengembangan LKS Dengan Pendekatan CTL Materi Persegi Dan Persegi Panjang Untuk SMP Kelas VII. Palembang: FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.

Matutina, J. A. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi . Program Studi Matematika . Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sasmi, W. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN Pekan Selasa Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Dipetik November 28, 2017, dari http://jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal/view/Pw5L.

Zulkardi, K. D. (2013, Januari 1). Developing the Sixth Level of PISA-Like Mathematics Problems for Secondary School Students. IndoMS. J.M.E, IV, 15. Dipetik November 6, 2017, dari http : // ejournal.unsri.ac.id/index.php/

jme/article/view/559/157.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1595


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :