Strategi Pemasaran Mie Ayam Lucky dengan Pendekatan Analisis SWOT dan B/C Ratio

William William, Achmad Alfian

Abstract


UMKM Mie Ayam Lucky merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang penjualan mie ayam yang berada di Palembang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, UMKM Mie Ayam Lucky melakukan aktivitas penjualan mie ayam dengan cara yang sederhana sehingga menyebabkan rendahnya omset dan keuntungan dari penjualan mie ayam. Penjualan mie ayam yang dilakukan oleh UMKM Mie Ayam Lucky saat ini hanya sebanyak 249 porsi mie ayam. Dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat, digunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada UMKM Mie Ayam Lucky. Kemudian digunakan matriks SWOT untuk menghasilkan strategi perbaikan, yang selanjutnya diimplementasikan berdasarkan hasil dari matriks SWOT yang didapatkan dan mengukur tingkat kelayakan dari strategi yang diterapkan berdasarkan hasil analisis SWOT dengan menggunakan b/c rasio. Implementasi perbaikan yang dilakukan diantaranya penetrasi pasar, menambah menu makanan, meningkatkan media promosi, pengembangan produk, dan menambah pemasok makanan. Penjualan mie ayam setelah dilakukan implementasi perbaikan sebanyak 281 porsi. Dari data tersebut, terlihat adanya peningkatan penjualan mie ayam sebanyak 32 porsi atau sebesar 12,85%. Dari perhitungan b/c rasio didapatkan hasil BCR sebesar 1,16 maka dapat diartikan implementasi yang dilakukan layak.

Keywords


Mie Ayam; Strategi Pemasaran; Matriks SWOT (Strength; Weakness; Opportunities, and Threats); B/C Rasio (Benefit Cost Ratio).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/js.v4i2.2870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.