Pengendalian Kualitas Proses Produksi CPO Dengan Menggunakan Metode Peta Kendali X-R di PT. PN VII (Persero) Sungai Niru Muara Enim

Yasmin Yasmin, Merisha Hastarina

Abstract


PT. PN VII (Persero) Muara Enim adalah perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit yang berlokasi di Sungai Niru Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Kelapa sawit adalah jenis tanaman penghasil minyak nabati atau yang disebut juga dengan CPO ( Crude Palm Oil ), kualitas dari proses produksi CPO dapat dilihat dari kadar keasamannya yang disebut dengan ALB (Asam Lemak Bebas).Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kualitas dari CPO ini adalah dengan cara melakukan perhitungan dengan menggunakan Metode Peta Kendali X-R. Hasil dari penelitian ini adalahnilai CL untuk peta kendali R adalah 7,00 dan CL untuk peta kendali X adalah 11,22 , setelah melakukan pengendalian X-R maka persentase produk yang gagal maksimal adalah 42,24 dengan range tertinggi 13,05 dan penyebab dominan tingginya kadar ALB adalah faktor material dan lingkungan.

Keywords


kadar ALB; kualitas CPO; peta kendali X; peta kendali R

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/js.v4i1.2096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.