Penentuan Key Performance Indicators (KPI) Dengan Metode Performance Prism (Studi Kasus Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang)

Masayu Rosyidah, Deni Saputra

Abstract


Dalam dunia industri bahkan hampir seluruh perusahaan atau organisasi saat ini menggunakan Key Performance Indicators (KPI) sebagai salah satu cara untuk mengukur kinerja perusahaan. Program Studi Teknik Industri berusaha melakukan perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, disamping itu juga perlu dilakukan pengukuran kinerja sebagai usaha untuk melakukan perbaikan kinerja disetiap aspek kinerja program studi. Penelitian ini terkait penilaian kinerja Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang dengan metode Performance Prism yang merupakan metode tepat yang dapat mewakili kebutuhannya.  Tujuan dalam penelitian ini adalah menentukan KPI (Key Performance Indicators) sebagai bagian dari pengukuran kinerja. Stakeholder satisfaction yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan stakeholder contribution yang diperoleh dengan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi objective Program Studi yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi strategi, proses, dan kapabilitas. Key Performance Indicators (KPI) Program Studi Teknik Industri yang telah terbentuk dari proses dan kapabilitas yang telah diidentifikasi adalah sebanyak 26 KPI.

Keywords


pengukuran kinerja; performance prism; KPI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/js.v4i1.2094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.