MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK SISWA KELAS VII SMP SANDIKA SUKAJADI

Listini Listini, Saraswati Saraswati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kreativitas siswa dalam menuangkan ide ke dalam bentuk
tulisan karena model pembelajaran yang digunakan tidak dapat mengembangkan motivasi-motivasi siswa
dalam mengembangkan dan mengekspresikan perasaannya. Penelitian ini bertujuan meningkatkan
kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Sandika Sukajadi dengan menggunakan model
Pembelajaran Sinektik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan
dalam tiga siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi. Subjek
dalam penelitian adalah siswa kelas VII 3 SMP Sandika Sukajadi dengan jumlah siswa 33 orang, terdiri
dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian ini membuktikan peningkatan kemampuan menulis
cerpen siswa kelas VII 3 SMP SANDIKA Sukajadi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai tes ratarata
siswa pada prasiklus yaitu 66,2 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 57,5%. Pada tes
siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 70,1 dengan klasikal ketuntasan belajar siswa sebesar 63,6%.
Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa 74,7 dengan klasikal ketuntasan dalam belajar sebesar
84,8%, hanya 5 orang yang belum mencapai KKM 70. Berdasarkan temuan di atas, kesimpulan penelitian
ini adalah model pembelajaran sinektik telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen
siswa kelas VII 3 SMP SANDIKA Sukajadi. Oleh karena itu, disarankan pada sekolah agar menerapkan
model pembelajaran sinektik, karena dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Dengan
demikian, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat sekitar terhadap kualitas yang dimiliki oleh
sekolah.

Keywords


menulis cerpen; model sinektik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara.

Aqib, Zainal, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Joyce, Bruce, dkk. (2009). Models of Teaching Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.