KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA SMP

Sakdiah Wati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan  minat belajar siswa dalam keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Pendekatan  Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam peningkatan kemampuan menulis puisi siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP sebanyak 10 kelas berjumlah 318 siswa, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan teknik simple random sampling, sehingga mendapatkan kelas VIII.3 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.4 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini diperoleh melalui tes siswa, angket siswa, dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII. Data hasil tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas. Keefektifan terbukti  bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel  pada taraf signifikan 5% yaitu 6,96 ? 1,9913, dengan DK (Derajat Kebebasan) 77. Oleh karna itu, disarankan kepada guru, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi bagaimana kemampuan menulis puisi setelah diajarkan Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning), serta dapat menjadi evaluasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning); Menulis; Puisi

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Djoko, Pradopo Rachmat. 2010. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra: Bandung. Yrama Widya.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1.2106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.