EFEKTIFITAS BAHAN AJAR ASYIK MENULIS PUISI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI

Henny Nopriani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah efektifitas bahan ajar Asyik Menulis Puisi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa SMP Negeri 1 Pagar Alam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas bahan ajar Asyik Menulis Puisi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi   Siswa SMP Negeri 1 Pagar Alam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Postest. Subjek dalam penelitian ini yaitu 22 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu unjuk kerja menullis puisi. Teknik analsis data dalam penelitian ini yaitu statistik inferensial.  Hasil tes menulis puisi kepahlawanan memperlihatkan peningkatan dari 59,09 menjadi 80,95, dan selisih 21. Sementara hasil tes menulis puisi sahabat menunjukkan peningkatan dari 56,68 menjadi 76,54, dan selisih 19,86. Dengan demikian, bahan ajar Asyik Menulisi Puisi memberikan efek kepada siswa untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagaralam.


Keywords


Bahan Ajar; Menulis; Puisi

Full Text:

PDF

References


Harijanto, M. (2007). Pengembangan bahan ajar untuk peningkatan kualitas pembelajaran program pendidikan pembelajar sekolah dasar. Didaktika, vol.2 no.1, h.216-226.

Maulana, S. F. (2012). Apresiasi dan proses kreatif menulis puisi.Bandung:Nuasa.

Setiawan, D, dkk. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sofyan, M. W., & Sudaryono. (2011). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran menulis kreatif puisi. Tekno-Pedagogi, Volume 1, Nomor 1., h. 25-32.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaddad, A. (2012). Strategi pembelajaran menulis kreatif puisi. Depok: Indie Publishing.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1.2054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.