KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR HASIL PENGEMBANGAN

Henny Nopriani, Ike Tri Pebrianti

Abstract


Penelitian ini  bertujuan  mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Pagaralam yang terdiri dari SMA PGRI Pagaralam. SMA Muhammadiyah Pagaralam, SMA Negeri 1 Pagaralam, SMA Negeri 2 Pagaralam, dan SMA Negeri 4 Pagaralam.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  analisis. Sampel penelitian berjumlah 157 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasill penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa bevariasi dengan kategori  sangat baik, baik, cukup, kurang. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa dalam menulis teks eksposisi. SMA PGRI Pagaralam nilai rata-rata 74,19. SMA Muhammadiyah Pagaralam dengan nilai rata-rata 75. SMA Negeri 1 Pagaralam nilai rata-rata  79,86. SMA Negeri 2 Pagaralam  dengan nilai rata-rata 74,62, SMA Negeri 4 Pagaralam rata-rata  79,86.


Keywords


Kemampuan; Menulis; Eksposisi

References


Awalludin dan Yunda Lestari. (2017). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 121–130.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Djatmika. (2018). Mengenal Teks & Cara Pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djumingin. (2017). Teks Eksposisi dan Perangkatnya. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Hartawan Edy Agus, Ida Bagus Putrayasa, I. W. A. (2015). Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra IIndonesia, 3(1).

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2012). Kualitatif dan R & D; Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Silabus. (2017). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Sekolah Menengah Atas 3 Pagaralam.

Zulfa Hasanah, Yasnur Asri, & A. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra IIndonesia, 5(2), 574–580.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i2.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.