PENERAPAN JURNAL BELAJAR DALAM STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SEL

Pipit Irmanasari, Marheny Lukitasari, Cicilia Novi Primiani

Abstract


Hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Biologi Sel masih relatif rendah karena proses pelaksanaan pembelajaran berpusat pada pendidik dan mahasiswa merasa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan jurnal belajar sebagai alat dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Biologi Sel. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Madiun sebanyak 53 mahasiswa (26 mahasiswa untuk kelas 2A) dan (27 mahasiswa untuk kelas 2B). Pelaksanaan penelitian dilakukan selama tiga kali tatap muka dari matakuliah Biologi sel KD 1-3. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data keterlaksanaan STAD, data jurnal belajar dan data pemahaman konsep. Data pemahaman konsep didapatkan dengan pemberian pertanyaan kuis di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan jurnal belajar mengalami peningkatan dari pertemuan I sebesar 13,32 meningkat menjadi 13,42 pada pertemuan II dan III, dan terdapat peningkatan nilai kuis dari tiap KD pada kategori sedang dan rendah.

 

Students’ learning outcomes were still relatively low at Celluler Biology Subject because the implementation process of learning was centered on lecturer and stundents found it difficult to understand the subject material. This study aimed to determine the application of learning journal as a tool in the effort to increase students understanding of Celluler Biology concept. The study was conducted at 53 second semester stundents (26 students for class 2A and 27 students for class 2B) of Biology Education Program Study of PGRI Teachers' Training College, Madiun. The study was conducted during three meetings for KD 1-3 (Kompetensi Dasar=Basic Competence) of Celluler Biology Subject. The collected data were the implemented STAD data, the learning journal data and the concept understanding data. The concept understanding data were obtained by giving the quiz questions at the end of learning. The study result showed that the learning with implementation of learning journal increased from first meeting at 13.32 became 13.42 at meeting II and III, and there was the increase of quiz value from each KD on both medium and low categories.


Keywords


STAD; jurnal belajar; pemahaman konsep; learning journal; concept understandingSTAD; jurnal belajar; pemahaman konsep; learning journal; concept understanding

Full Text:

PDF

References


Fitriana, L. (2011). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe group investigation (GI) dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan Oleh Jurusan Pendidikan FMIPA UNY, 03 Desember 2011. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanafiah & Suhana, C. (2009). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Handayani, R.N.L.W. & Murwaningtyas, E.Ch. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VIIA SMP Kanisius Kalasan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012-2013. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan Oleh Jurusan Pendidikan FMIPA UNY, 10 November 2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Mursyid. (2010). Jurnal Belajar (Learning Journal) Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Artikel Merupakan Ringkasan dari Bahan Pembelajaran Mandiri ‘Learning Journal’ Kegiatan Bermutu 2010. Diakses dari http://www.mmursyidpw.wordpress.com/2010/09/21/jurnal-belajar- learning-journal-sebagai-salah-satu-upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa/amp/

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Santyasa, I.W. (2008). Pengembangan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Bagi Siswa SMA dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual Berseting Investigasi Kelompok. Diakses dari http://www.infodiknas.com/wp-content/uploads/2014/10/PENGEMBANGAN-PEMAHAMAN-KONSEP-DAN-KEMAMPUAN-PEMECAHAN-MASALAH-FISIKA-BAGI-SISWA-SMA-DENGAN-PEMBERDAYAAN-MODEL-PERUBAHAN-KONSEPTUAL-BERSETING-INVESTIGASI-KELOMPOK.pdf

Sudrajat, A. (2010). Jurnal Pembelajaran (Learning Journal). Diakses dari http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/04/jurnal-pembelajaran-learning-journal/




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i1.961

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.