PENERAPAN BAHAN AJAR EKOSISTEM MANGROVE BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Adi Pasah Kahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan menggunakan bahan ajar berbasis potensi lokal berupa ekosistem. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan 1 kelompok pretest dan posttest. Sampel penelitian adalah sebanyak 100 siswa kelas X SMA dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdiri atas 36 siswa SMAN 1 Sambas, 32 siswa SMAN 3 Bengkayang dan 32 siswa SMA Bawari Kota Pontianak. Data yang diperoleh berupa data kualitatif (wawancara dan observasi) dan data kuantitatif (angket sikap peduli lingkungan dengan menggunakan skala Likert). Peningkatan sikap peduli lingkungan siswa dilihat dari nilai N-Gain yang diperoleh melalui nilai skala sikap sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar ekosistem. Hasil perhitungan N-Gain (0,32) termasuk kategori sedang. Kesimpulan hasil penelitian bahwa penerapan bahan ajar ekosistem mangrove berbasis potensi lokal dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa.

 

The aim of this research was to improve the environmental awareness attitude using teaching materials based on the local potential of ecosystem. This research was conducted by using the experimental quasi method with one group pretest-posttest experimental design. Sample of this research was 100 students of class X senior high school (SMA) using purposive sampling technique, and consisted of 36 students of SMAN 1 Sambas, 32 students of SMAN 3 Bengkayang and 32 students of Bawari Pontianak. The obtained data were qualitative data (interview and observation) and quantitative data (questionnaire about environmental awareness attitude by using Likert scale). The improvement of students' environmental awareness attitude was known from the N-Gain values obtained through the attitude scale values before and after using the ecosystem teaching materials. The result of N-Gain calculation (0.32) was medium category. The conclusion of this research was the teaching materials based on local potency can improve students’ environmental awareness attitude.


Keywords


potensi lokal; bahan ajar; peduli lingkungan; local potencial; teaching materials; environmental awareness

Full Text:

PDF

References


Aktamis, H. (2011). Determining Energy Saving Behavior and Energy Awareness of Secondary School Students According to Socio Demographic Characteristics. Educational Research and Reviews, 6 (3), 243-250.

Chairudin. (2012). Korelasi Antara Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Siswa dengan Perilaku Kepedulian Lingkungan Hidup Pada Siswa Kelas SD Negeri Adiwiyata di Yogyakarta. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalyono. (2010). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Harun, R., Hock, L.K., & Othman, F. (2011). Enviromental Knowledge and Attitude among Students in Sabah. World Applied Science Journal, 14 (1), 83-86.

Iskandar, Z. (2012). Psikologi Lingkungan: Teori dan Konsep. Bandung: Refika Aditama.

Koesoema, A.D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Rineka Cipta.

Kordi, M.G. (2012). Ekosistem Mangrove Potensi, Fungsi, dan Pengelolaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kresnawati, N. (2013). Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3 (1), 298-303.

Manapa, E.S. (2010). Profil Dunia Kelautan Dalam Perspektif Siswa Indonesia Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (1), 66-74.

Muderrisoglu, H. & Altanlar, A. (2011). Attitudes and Behaviors of Undergraduates Students toward Environmental Issues. International Journal Environment, 8 (1), 159-168.

Mumpuni, K.E. (2013). Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi yang Diselenggarakan Oleh FKIP UNS, 6 Juli 2013. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding, Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi yang Diselenggarakan Oleh FKIP UNS, 6 Agustus 2016. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Noor, Y.R., Khazali, M., & Suryadiputra, I.N. (2006). Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor: PHKA/WI-IP.

Ozcan, N. (2003). A Group of Student’s and Teacher’s Perceptions with Respect to Biology Education at High School Level. Tesis. The Middle East Technical University. Retrieved from https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/1086933/index.pdf

Ozsoy, S., Ertepinar, H. & Saglam, N. (2012). Can Eco-Schools Improve Elementary School Students’ Environmental Literacy Levels? Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 13 (2), Article 3. Retrieved from https://www.eduhk.hk/apfslt/download/v13_issue2_files/ozsoy.pdf

Permana. (2006). Peran Pendidikan dalam Permasalahn Lingkungan. Koran Pikiran Rakyat, 19 Oktober 2006.

Perpustakaan Online Nasional. (2018). Profil Negara Indonesia Lengkap Dengan Wilayah Letak Geografisnya. Diakses dari https://perpustakaan.id/profil-negara-indonesia/

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Prosiding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi yang Diselenggarakan Oleh FKIP UNS, 16 Juli 2011. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Saribas. (2015). Investigating the Relationship between Pre-Service Teachers Scientific Literacy, Environmental Literacy and Life-Long Learning Tendency. Journal Science Education International, 26 (1), 80-100.

Setiawan, I.G.A. (2008). Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2 (1), 42-59.

Subiantoro, A.W. & Handziko, R.C. (2011). Erupsi Merapi dan Potensi Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Representasi. Prosiding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi yang Diselenggarakan Oleh FKIP UNS, 16 Juli 2011. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yudianto, S.A. (2011). Dimensi Pendidikan Karakter atau Nilai dalam Model Sains Biologi untuk Pembelajaran Manusia Sebagai Upaya Mengatasi Krisis Nilai dan Moral Bangsa. Pidato Guru Besar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.886

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.