PENERAPAN JURNAL BELAJAR MATERI MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19: ANALISIS HASIL BELAJAR

Dwi Purbowati

Abstract


Kondisi pandemi memaksa pelaksanaannya meskipun dalam keterbatasan. Diterapkan penulisan jurnal belajar untuk membantu mahasiswa merefleksi kembali pengetahuan yang telah diperoleh, meskipun dalam kondisi tanpa tatap muka, mahasiswa tetap dapat memahami kesulitan yang ditemui saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh secara deskriptif penerapan jurnal belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yaitu deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil 2019/2020. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 yang mengikuti mata kuliah strategi pembelajaran materi model pembelajaran biologi kelas I dan II. Data dikumpulkan, diolah dan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif yakni dengan membandingkan data antara kelas I (dengan jurnal belajar) dengan kelas II (tanpa jurnal belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahawa nilai akhir kelas I yaitu A= 48.1 %, A-= 40.7%, dan B+ = 11.2 %, sedang kelas II dengan nilai A= 33.3%, A-=51.8%, B+=3.7%, dan  B=11.2%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan jurnal belajar berkontribusi terhadap perolehan nilai akhir yang lebih baik bagi kelas I dibanding kelas II.


Keywords


Pandemi Covid-19, Jurnal belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaran Biologi

References


Andriyani, F. D., & Indra, E. N. (2017). Kontribusi Penggunaan Jurnal Belajar Pada Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXVI(Februari), 140–147. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11976

Ariani, V., & Sesmiwati. (2019). Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Program Studi Teknik Ekonomi Konstruksi ( Studi Kasus : Angkatan 2016 ). Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(2), 73–81.

Cucus, A. and Aprilinda, Y. (2016) ‘Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh, Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika, 7(1), pp. 1–5. DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v7i1.765

Febrianty et al., (2020) Manajemen Perubahan Perusahaan Di Era Transformasi Digital. Edited by A. Rikki. Medan: Yayasan Kita Menulis. Available at: kitamenulis.id.

GTPP Covid-19. 2020. Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Harris, K.-L., Krause, K., Gleeson, D., Peat, M., Taylor, C., & Garnett, R. (2007). Enhancing the assessment of learning in Australian Higher Education: Biological Sciences. Report prepared for The Carrick Institute for Learning and Teaching in Higher Education. In Assessment. The Carrick Institute.

Henderson. 2003. The E-Learning Question and Answer Book. American Management Association: New York.

Hooey, C. A., & Bailey, T. J. (2005). Journal Writing and the Development of Spatial Thinking Skills. Journal of Geography, 104(6), 257–261. https://doi.org/10.1080/00221340508978647

Hopskin, G. (2021). Teacher Say It Really Works ! Journal Writing Every Day: A Painless Way to Develop Skills | Education World, 1–6. https://www.educationworld.com/a_curr/curr144.shtml

Husamah. (2016). Penerapan Tugas Menulis Jurnal Belajar Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan FKIP-UMM. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, 1175–1181.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar & Pembelajaran. UM Press: Malang.

Jadhav, V. R., Bagul, T. D. and Aswale, S. R. (2020) ‘COVID- 19 Era : Students ’ Role to Look at Problems in Education System during Lockdown Issues in Maharashtra, India’, International Journal of Research And Review, 7(5), pp. 328–331.

Kartono, & Imron, A. (2011). Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i1.1246

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Mahlanze, H. T., & Sibiya, M. N. (2017). Perceptions of student nurses on the writing of reflective journals as a means for personal, professional and clinical learning development. Health SA Gesondheid, 22, 79–86. https://doi.org/10.1016/j.hsag.2016.05.005

Munawaroh, L., Pantiwati, Y., & Rofieq, A. (2016). Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 263–273. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2659

Picca, L. H., Starks, B., & Gunderson, J. (2013). “It Opened My Eyes”: Using Student Journal Writing to Make Visible Race, Class, and Gender in Everyday Life. Andriyani, F. D., & Indra, E. N. (2017). Kontribusi Penggunaan Jurnal Belajar Pada Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXVI(Februari), 140–147. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11976

Ariani, V., & Sesmiwati. (2019). Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Program Studi Teknik Ekonomi Konstruksi ( Studi Kasus : Angkatan 2016 ). Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(2), 73–81.

Harris, K.-L., Krause, K., Gleeson, D., Peat, M., Taylor, C., & Garnett, R. (2007). Enhancing the assessment of learning in Australian Higher Education: Biological Sciences. Report prepared for The Carrick Institute for Learning and Teaching in Higher Education. In Assessment. The Carrick Institute.

Hooey, C. A., & Bailey, T. J. (2005). Journal Writing and the Development of Spatial Thinking Skills. Journal of Geography, 104(6), 257–261. https://doi.org/10.1080/00221340508978647

Hopskin, G. (2021). Teacher Say It Really Works ! Journal Writing Every Day: A Painless Way to Develop Skills | Education World, 1–6. https://www.educationworld.com/a_curr/curr144.shtml

Husamah. (2016). Penerapan Tugas Menulis Jurnal Belajar Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan FKIP-UMM. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, 1175–1181.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar & Pembelajaran. UM Press.

Kartono, & Imron, A. (2011). Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i1.1246

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Mahlanze, H. T., & Sibiya, M. N. (2017). Perceptions of student nurses on the writing of reflective journals as a means for personal, professional and clinical learning development. Health SA Gesondheid, 22, 79–86. https://doi.org/10.1016/j.hsag.2016.05.005

Munawaroh, L., Pantiwati, Y., & Rofieq, A. (2016). Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 263–273. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2659

Picca, L. H., Starks, B., & Gunderson, J. (2013). “It Opened My Eyes”: Using Student Journal Writing to Make Visible Race, Class, and Gender in Everyday Life. Teaching Sociology, 41(1),82–93. https://doi.org/10.1177/0092055X12460029

Sadikin, A., Aina, M., & Hakim, N. (2016). Penerapan Asesmen Berbasis Portopolio dan Junral Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. Biodik, II(2), 50–61.

Septiyana, K., Prasetyo, B. P. A., & Christijanti, W. (2013). Jurnal Belajar Sebagai Strategi Berpikir Metakognitif Pada Pembelajaran Sistem Imunitas. Journal of Biology Education,2(1). https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2608

Setiawan, D., & Susilo, H. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, 2009, 359–369.

Syarif, H. S., & Munandar, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(11),169–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20414/jb.v11i2.133




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3344

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.