PENGEMBANGAN BOOKLET MENGGUNAKAN MODEL 4D PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI

Wina Afifah Putri, Afifah Intan Purnama Sari, Erni Widiastuti, Rio Christy Handziko

Abstract


Bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Persoalan biologi menurut BSCS salah satunya adalah sistem regulasi dan berkaitan dengan sistem organ. Salah satu sistem organ yang diajarkan di SMA adalah sistem pencernaan. Agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep pada sistem pencernaan maka disusun booklet sistem pencernaan yang lebih fokus dan detail pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berupa booklet pada topik sistem pencernaan. Pada penelitian ini booklet disusun menggunakan model 4D, melalui proses Define (pendefinisian), yaitu proses pemilihan konsep dasar dan penyusunan konsep, Design (perancangan) yang meliputi pemilihan media berupa booklet dan penyusunannya, Develop (pengembangan) yang berupa pengusulan penilaian dari ahli media dan ahli materi serta melalui uji keterbacaan, dan Disseminate (penyebaran) yang berupa analisis hasil penilaian ahli media dan materi serta dilanjutkan dengan pengajuan ISBN. Penilaian ahli media meliputi ukuran booklet yang masuk kategori sangat baik serta desain sampul dan desain isi yang masuk dalam kategori baik. Penilaian ahli materi meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kebahasaan yang ketiganya masuk dalam kategori baik. Booklet ini sudah layak digunakan karena minimal kategori pada analisis penilaian instrument yang didapat adalah baik walaupun masih perlu sedikit perbaikan sesuai dengan saran dari ahli.


Keywords


booklet; pencernaan; model 4D; penilaian; pengembangan; bahan ajar; pendidikan biologi

References


Akhyar Wildan Utomo, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Model Booklet Materi Sumber Daya Hutan Kelas Vii (Vol. 53).

Ariyanto, A. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 1–13.

Basri, H., Waspodo, & Sumarni, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidika, 3 (1), 35–44.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMA. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Handziko, R. C., & Suyanto, S. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 212. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7508

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kurniawan, D., Dewi, S. V., Pendidikan, J., Fakultas, M., Dan, K., Pendidikan, I., & Siliwangi, U. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Muhammad, R. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 154–163.

Prasmala, E. R., & Tanggu, E. D. (2020). Analysis of Development of Digestive System Module Needs Analysis with Make a Match Learning Model Based on Digital Daily Assistance. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 91–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v

Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan. Jurnal PMIPA, 9 No 1, 99, 99–107. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703

Ratiyani, I., Subchan, W., & Hariyadi, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Digital Dan Aplikasinya Dalam Model Siklus Pembelajaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktifitas Dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran, 3(1), 79–88.

Sulistyanto, H., & Nugroho, A. (2015). Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web. 35–38.

Sundari, R. (2008). An Evaluation On The Use Of Laboratory In Teaching Biology In Public Madrasah Aliyah In Sleman Regency. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, (2), 196–212.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X Ma Km Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 1. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.1648




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3066

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.