MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA SMAN 1 UJUNG BATU TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT

Vandi Fernandez, Liza Fadillah Tunnisa, Nur Rahmatul Aulia, Nurkhairo Hidayati

Abstract


Artikel ini ditulis dengan maksud untuk mengetahui minat siswa terhadap mata pelajaran biologi setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa Powerpoint. Artikel ini disusun dengan acuan pada data hasil pengamatan yang telah penulis lakukan selama proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Ujung Batu yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan menggunakan angket yang terdiri dari 30 item. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung skor perolehan siswa berdasarkan angket yag diisi kemudian mencari skor maksimum, indeks dan rata-rata skor presentase dari setiap indikator.  Hasil penelitian menunjukkan indikator ketertarikan siswa sebesar 66,37%, perhatian siswa (72,43%), ketertarikan siswa sebesar 73,62%, dan keterlibatan siswa 79%. Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan kesimpulan bahwa 72,85% siswa memiliki minat yang dikategorikan baik selama mengikuti proses pembelajaran biologi dengan menggunakan media Powerpoint.

Kata kunci: Minat Belajar Siswa, Media Powerpoint, biologi



Keywords


Mminat belajar siswa, media powerpoint, biologi

References


Amjah, D. Y. P. H. (2014). A study of

teachers’ strategies so develop students’ interest towards learning English as a second language. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 134, 188-192

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Berutu, M. Hasyim A., & Tambunan, M.

Iqbal H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal BIOLOKUS, 1(2) 109-115.

Burke, T. M. E. (2005). The role of

Teaching learning media in teaching biology in OBE-classes (Doctoral dissertation, North-West University).

De Houwer, J., Barnes-Holmes, D., & Moors,

A. (2013). What is learning? On the nature andmerits of a functional definition of learning. Psychonomic bulletin & review, 20(4), 631-642

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, Aswan. (2010).

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media

dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Fikrie., dan Ariani, Lita. (2019). Keterlibatan

Siswa (Student Engagement) di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kebehasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper

Haryono, Sugeng. (2016). Pengaruh

Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3) 261-247.

Khaerunnisa, Febriana., Sunarjan, YYFR., &

Atmaja, Hamdan Tri. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1) 31-41.

Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A.

S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1140, p. 012014).

Mazer, J. P. (2010). Student interest in

teaching and learning: Conceptualizing and testing a process model of teacher communication, student emotional and cognitive interest, and engagement (Doctoral dissertation, Ohio University).

Nesi, Mikael., & Akobiarek, Maik. (2018).

Pengaruh Minat dan Penggunaan Metode Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1) 80-94.

Nurlia, dkk. (2017). Hubungan Antara Gaya

Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2) 321-328.

Pane, Aprida., & Dasopang, M. Darwis.

(2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman, 03(2) 333-352.

Sasikumar, N. (2014). Impact of active learning strategies to enhance student performance. Innovare J Educ, 2, 2-4.

Siagan, Roida Eva F. (2015). Pengaruh Minat

dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2) 122-13.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yousif, A., Abdelraheem, A. & Al-Rabane, A. (2005). Utilisation and benefits of instructional media in teaching social studies courses as perceived by Omani students. Malaysian Online Journal of Instructional Technology, 2(1), 8.

Yuliansah. (2018). Efektivitas Media

Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 15(2) 24-32.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2993

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.