Pengaruh Tutor Sebaya Berbasis Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Sosial Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan

AULIA NOVITASARI NOVITASARI

Abstract


Kemampuan siswa yang beragam dan keterbatasan waktu guru dalam membimbing siswa menjadi salah satu penyebab pemahaman konsep dan sikap sosial peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tutor sebaya berbasis konstruktivisme terhadap pemahaman konsep dan sikap sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design, pada kelas eksperimen menggunakan metode Tutor Sebaya Berbasis Konstruktivisme dan kelas kontrol menggunakan Direct Instruction. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal pemahaman konsep berupa pilihan jamak dan lembar observasi sikap sosial. Hipotesis penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t independent yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh hasil thitung = 5,64 dan ttabel = 2,00 yang menunjukkan bahwa thitung ? ttabel, artinya tutor sebaya berbasis konstruktivisme berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa, dan hipotesis kedua, diperoleh thitung = 3,54 dan ttabel = 2,00 yang menunjukkan bahwa thitung ? ttabel, artinya tutor sebaya berbasis konstruktivisme berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa.

 


Keywords


Tutor Sebaya, Konstruktivisme, Pemahaman Konsep, Sikap sosial

References


Aulia Nur lita. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 1 Pekalongan,. Journal of Biology Education,5(1).

Estiani, W. (2015). Pengembangan Media Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1).

Gusfiani, E. (2016). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Irwandani, dan S. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik Mts Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Al Biruni Pendidikan Fisika FTK IAIN Raden Intan, 4(2).

Lestari, I. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal FKIP Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Lestari, N. D. (2015). Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V SD. Artikel Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, 8(4).

Maryanti, S. M. dan R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Muhaimin, A. (2015). Pengembangan Media Kapasitor dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1).

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Rajawali Pers.

Nafulani, W. N. (n.d.). Pengaruh Penerapan Pengajaran Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2015.

Palistini, N. L. A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Pada Siswa Kelas III Negeri 1 Sukadana. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 4(1).

Rofiah, I. dan S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik Mts Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Al Biruni Pendidikan Fisika FTK IAIN Raden Intan, 4(2).

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.

Susilawati, K. (2015). Pengaruh Model Siklus Belajar 7E Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan UNIPMA, 3(1).

Wiranata, A. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2727

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.