Efektivitas Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi

Agus Pambudi Dharma

Abstract


The learning model is very influential on the learning outcomes of high school students. Brain based learning (BBL) model can potentially improve learning outcomes, because this model is done with audio visual that stimulates brain performance. Our study seeks to analyze the effect of brain based learning (BBL) learning models on student learning outcomes on the material coordination system. The method used is cluster random sampling with a sample of 71 students. Data were collected from 30 multiple choice questions instruments and then analyzed by t test. Results: Student learning outcomes in class XI experiment better than the control class with the average value of the experimental class posstest (84.29) and the average value of the control class posstest (78.20). Our study informs us that the use of the Brain Based Learning (BBL) learning model has an effect on student learning outcomes (tcount = 4.14> ttable 2.65). The conclusion of this research is the learning model based on brain learning (BBL) is better than conventional learning models to improve student learning outcomes.


Keywords


Brain Based Learning (BBL), Hasil Belajar, Sistem Koordinasi

References


Badriah, L., & Ramdani, D. 2018. Model Brain Based Learning (BBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pokok Bahasan Sistem Indra. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1): 303-309.

Ba’in, Wijayanti, P.S., & Juariyah, S. 2010. Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IA SMA Ibu Kartini Semarang dengan metode Cooperative Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan. 27 (1): 92-99.

Danisa, V.S., Suciati., Sunarno W. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Brain Based Learning Disertai Vee Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar ranah Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS): 141-151. https://media.neliti.com/ media/publications/173797-ID-pengembangan-modul-berbasis-brain-based.pdf. di download tanggal 28 Mei 2020.

Fajriati, I. S., Safei, Saprin. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biotek, 5(1): 1-10.

Ibrahim, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Pai Siswa. Atthulab, I(2): 162-179.

Maghfuroh, Y., Muhtadi, D. 2019. Efektivitas Model Brain Based Learning Untuk Menggali Kelancaran Prosedural Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi: 655-663.

Mustiada, I.G.A.M., Agung, A.A.G., Antari, N.N.M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol: 2(1).

Nusantari, E. 2015. Kajian Faktor Yang Mempengaruhi Retensi Siswa SMA (Analisis Hasil Penelitian Eksperimen dan PTK). https://repository.ung.ac.id/ karyailmiah/show/1521/kajian-faktor-yang-mempengaruhi-retensi-siswa-sma-analisis-hasil-penelitian-eksperimen-dan-ptk. html. Di download tanggal 28 Mei 2020.

Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saparina, R., Santosa, S., Maridi. 2015. Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 4(1):59- 65.

Saptawulan, A. 2012. Belajar Biologi yang Menyenangkan dengan Permainan Kuartet dan Pementapan Konsep Secara Mandiri Melalui Blog Jurnal Pendidikan Penabur, 18, 28-35.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihat, A., Panjaitan, R.L., Djuanda, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2(1): 451-460.

Subratha, N. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMA Negeri Sukasada. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 1 (2), 135-147.

Sudarisman, S. 2010. Membangun Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi FKIPUNS: 237-243. https://www.neliti.com/id/ publications /170355/membangun-karakter-peserta-didik-melalui-pembelajaran-biologi-berbasis-keterampilan.

Sukoco, H., & Mahmudi, A. 2016. Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 11(1): 11-24.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Zaini, H. Munthe, B. & Aryani, A.S. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2463

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.