MEMAHAMI ASPEK KOGNITIF TERKAIT KESULITAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS: FOKUS PADA MATERI SEL

Susanti Murwitaningsih, Susilo Susilo, Husnin Nahry Yarza, Danu Wibisono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ragam kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dari aspek kognitif dan setiap sub pokok bahasan materi Sel Kelas XI SMA.  Sebanyak 72 siswa kelas XI IPA terlibat dalam penelitian ini. Instrumen penelitian kami sajikan dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 22 butir soal untuk analisis data tentang kesulitan belajar pada aspek kognitif dan angket tertutup sebanyak 20 butir soal untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa.Analisisdata kuatitativedigunakanrumuspersentase. Analisis data tes hasil belajar diperoleh persentase kesulitan belajar yaitu pada aspek kognitif C4 dan aspek kognitif C2 dengan masing-masing persentase 63,89% dan 68,75% dengan kriteria kesulitan belajar tinggi. Untuk aspek kognitif C1 dan C3 diperoleh masing-masing persentase kesulitan belajar 57.64% dan 53,89% dengan kriteria kesulitan belajar sedang. Pada sub pokok bahasan Sintesis Protein memiliki persentase kesulitan tertinggi yaitu sebesar 70,37% dengan kriteria tingkat kesulitan tinggi. Hasil penelitian menunjukan aspek kognitif C2 memiliki persentase tertinggi dari pada aspek kognitif lainnya. Sub pokok bahasan Sintesis Protein memiliki persentase kesulitan tertinggi. Faktor kesulitan belajar siswa yang dominan berasal dari guru bidang studi, media dan sumber belajar siswa, dari diri siswa itu sendiri dan fasilitas sekolah.

References


Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hidayatussaadah, R. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 58–68.

Irham, M. (2014). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Lenhard W, L. A. (2013). Learning Difficulties in General. Oxford Bilbliograpies.

M.Nur Ghufron, R. R. (2015). Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor yang berperan. Journal.Stainkudus.Ac.Id, 3(2), 298–309.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: T. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2385

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.