PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

Amri Amri, Andi Jusman Tharihk

Abstract


Asesmen (penilaian) proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, dan penyajian data. Penilaian proyek lebih komprehensif mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik (validitas, reliabilitas/keandalan dan kepraktisan) pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang menggunakan model pengembangan perangkat 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), sehingga mendapatkan karakteristik produk asesmen proyek yang valid, reliabel dan bersifat praktis dengan memenuhi dua kriteria, yaitu kelayakan dan keterlaksanaan. Subjek ujicoba dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII8SMP Negeri 1 Parepare sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan perangkat asesmen pembelajaran proyek memiliki karakteristik yang valid, reliabel dan praktis. Seluruh perangkat asesmen pembelajaran proyek dinyatakan valid dengan nilai validitas yaitu V = 1 (V = 100%). Rubrik asesmen pembelajaran proyek (tugas kelompok) dinyatakan reliabel sebesar 0,85. Perangkat asesmen pembelajaran proyek (berupa buku pedoman) yang dikembangkan bersifat praktis karena telah memenuhi dua kriteria kepraktisan, yaitu kelayakan (3,76 oleh validator dan 3,84 guru (praktisi di sekolah), sangat layak) dan keterlaksanaan (respon guru: sangat positif).

 

Project assessment is an assessment of a task that must be completed within a certain period of time. The task is in the form of an investigation from planning, data collection, organization, processing, and presentation of data. Project assessment is more comprehensive that includes cognitive, affective and psychomotor. This study aimed to determine the characteristics (validity, reliability and practicality) of the development of project learning assessment tools in material of pollution and environmental degredation. This research was a research and development that used 4-D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate), so that obtaining the characteristics of project assessment products: valid, reliable and practical (with two criteria, namely feasibility and implementation). The subjects of the trial in the study were 32 students of class VII8 of SMP Negeri 1 Parepare. The study result showed that the project learning assessment tools had valid, reliable and practical characteristics. All project learning assessment tools were valid with validity values, namely V = 1 (V = 100%). The project learning assessment rubric (group assignment) was stated to be reliable at 0.85. The developed project learning assessment tool (in the form of a guidebook) was practical because it fulfilled two criteria of practicality, namely feasibility (3.76 by validator and 3.84 teacher (practitioner in school), very feasible) and implementation (teacher response: very positive).


Keywords


pengembangan 4-D; penilaian proyek; pencemaran dan kerusakan lingkungan; 4-D development; project assessment; pollution and environmental degradation

Full Text:

PDF

References


Anderson, W. L & Krathwohl, R. D. (2010). Kerangka Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Terjemahkan: Prihantoro. A). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Badan Penelitian dan Pengembangan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTs tentang Model Penilian Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum-Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Grant, M. M. (2011). Learning, Beliefs, and Products: Students' Perspectives with Project-based Learning. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5 (2), 37-69. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1254

Koh, K. & Luke, A. (2009). Authentic and Conventional Assessment In Singapore Schools: an Empirical Study of Teacher Assignments and Student Work. Assessment in education: Principles, Policy and Practice. Diakses dari http://eprints.qut.edu.au/27454/2/27454.pdf.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan SK Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mansyur & Rasyid, H. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana.

McDowell, L. (2006). The Impact of Innovative Assessment on Student Learning. Innovations in Education & Training International. Diakses dari http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/1355800950320402.

Micari, M., Light, G., Calkins, S., & Streitwieser, B. (2007). Assessment Beyond Performance Phenomenography in Educational Evaluation. American Journal of Evaluation, 28 (4), 458-476.

Mudjiman, H. (2009). Belajar Mandiri (Self-motivated Learning). Surakarta: UNS Press.

Mulyana, H. E. (2010). Penilaian dan Asesmen dalam Pembelajaran IPA. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1). Diakses dari http://jurnal.upi.edu/saung-guru/view /153/penilaian-dan--asesmen-dalam-pembelajaran-ipa.html.

Nurhayati, B. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional.

Syafei, M. R. (2009). Efektivitas Project Assessment dengan Pendekatan Kontekstual dalam Menilai Ketercapaian Kompetensi Dasar. Tesis, tidak dipublikasikan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Suwono, H. (2011). Panduan Belajar Pengembangan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. Workshop Subject Specific Pedagogy Pendidikan Profesi Guru. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wardhani, S. (2004). Penilain Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMK. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPPG) Matematika.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1283

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.