PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TUTORIAL SEBAYA DALAM PROGRAM REMEDIAL MATERI SISTEM KLASIFIKASI HEWAN DI KELAS X

Ruchyan Intani, Paidi Paidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan buku panduan tutor sebaya dalam program remedial materi sistem klasifikasi hewan di kelas X. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang dibatasi sampai tahap ketujuh karena adanya keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya yang dimiliki peneliti. Tahapan yang dilakukan adalah 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan rancangan awal produk, 4) tahap uji coba lapangan permulaan, 5) tahap revisi produk tahap pertama, 6) tahap uji lapangan terbatas, dan 7) tahap revisi produk tahap kedua. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk rating scale untuk menguji kelayakan produk oleh dosen ahli materi, teman sejawat peneliti, dan peserta didik. Masukan dari reviewer digunakan sebagai bahan perbaikan. Buku panduan dikatakan layak apabila mendapatkan modus penilaian minimal baik berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu berupa buku panduan tutor sebaya dalam program remedial materi sistem klasifikasi hewan di kelas X dan kelayakan buku panduan memiliki nilai baik.

 

The research aimed to develop and get the feasibility of peer tutorial guidebook for remedial programme on topic of animal classification in class X. The research method was research and development using Borg & Gall model which was limited to seventh stage due to the limited time, energy, and cost owned by researcher. The stages of model were 1) research and information collection, 2) planning, 3) development of initial product design, 4) initial field test, 5) first product revision, 6) limited field test, and 7) second product revision. The data collection technique used questionnaires in the form of rating scale to test the feasibility of product. It was tested by lecturers of material experts, peer of researchers, and learners. The suggestion from reviewer was used as revision material. The guidebook was judged feasible if it got good rating based on result of limited field test. The research data were analyzed using quantitative descriptive analysis technique. The result research was the peer tutorial guidebook for remedial programme on topic of animal classification in class X that had feasibility with good value.

 


Keywords


sistem klasifikasi hewan; buku panduan tutor sebaya; program remedial; animal kingdom classification; peer tutoring guiding book; remedial programme

Full Text:

PDF

References


Wijaya, C. (2010). Pendidikan Remedial “Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pembelajaran Tuntas, Remedial, dan Pengayaan di SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ischak, S.W. & Warji, R. (1987). Program Remedial Dalam Proses Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Liberty.

Surya, M. & Amin, M. (1980). Pengajaran Remedial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, N. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Bandung Algesindo.

Prawoto. (1982). Program Pengajaran Remedial Dalam Pendidikan Biologi. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Ridhwan, M.D. (2013). Mastery Learning: Teori dan Praktis. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Hlm. 2-3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.1028

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.