SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN POTENSI LOKASI TINGKAT KERAWANAN PENGGUNA NARKOTIKA YANG ADA DI KABUPATEN BANYUASIN MENGGUNAKAN METODE FMADM

Sri Primaini Agustanti, Ahmad Solekhan, Herri Setiawan

Abstract


Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tumbuhan maupun bukan tumbuhan, baik sintetik maupun semi sintetik yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Ada beberapa jenis narkotika yang biasa digunakan oleh para pecandu narkoba seperti sabu-sabu, ganja dan ekstasi. Di Kabupaten Banyuasin banyak terdapat daerah yang menjadi pengguna ketiga jenis narkotika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan potensi lokasi  tingkat kerawanan pengguna narkoba di Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM). Kriteria yang dijadikan dasar pengambilan keputusan adalah banyak pengguna, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan jenis narkoba yang digunakan. Metode ini bekerja dengan cara menentukan bobot dari setiap kriteria yang dibuat dalam aplikasi ini, kemudian dari masing-masing bobot tersebut akan dihitung dari nilai yang didapat dari jumlah pengguna, kemudian dilakukan rangking untuk mengetahui lokasi mana saja yang banyak pengguna narkotika di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini  menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang nantinya dapat membantu petugas BNK Banyuasin untuk menentukan potensi lokasi penggunaan narkoba di daerah tersebut.

Full Text:

PDF

References


“Narkotika,” Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009. 2009.

O. Narkoba, “Laporan Informasi. Kabupaten Banyuasin,” 2017.

E. Turban, J. E. Aronson, and T.-P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems. India: Prentice Hall, 2012.

Fatoni, Kurniawan, and W. Munandar, “Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) Sistem Penilaian Calon Penerima Manfaat,” J. Ilm. MATRIK, vol. 16, no. 1, pp. 45–58, 2014, [Online]. Available: http://jurnal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/252.

Z. . S. Alhalimi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Gudang Penyimpanan Pabrik Dengan Menggunakan Metode Brown-Gibson (Studi Kasus: PT. Inti Kreasi),” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2013.

L. A. Christine and A. Mauludiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Perencanaan Penempatan Lokasi Potensial Menara Baru Bersama Telekomunikasi Seluler Di Daerah Sidoarjo Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Tek. ITS, vol. 4, no. 1, pp. A31–A35, 2015, doi: 10.12962/j23373539.v4i1.8409.

C. Hermawan and D. T. Seabtian, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Sarang Walet Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Proces,” J. Ilm. LINK (Lintas Sist. Inf. dan Komputer), vol. 20, no. 1, pp. 3-12 s/d 3-16, 2014, [Online]. Available: http://link.narotama.ac.id/index.php/jurnal_detil/3/JURNAL_LINKS_Vol_20.pdf




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v4i2.3498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.