UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK PADA MAHASISWA SEMESTER IV UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG

F A Milawasri, Edi Suryadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakang adanya kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menulis puisi pada matakuliah sanggar sastra oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan teknik akrostik yang dapat memudahkan mahasiswa dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tridinanti Palembang dalam menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam belajar menulis puisi serta memberikan pengalaman belajar yang sesungguhnya bahwa menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik dapat membantu mahasiswa belajar lebih aktif, kreatif dan menyenangkan, serta membuang anggapan bahwa menulis puisi itu sulit.  Penelitian dilaksanakan dengan prosedur tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpul data menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menemukan bahwa pada kondisi awal atau prasiklus kemampuan menulis puisi  mahasiswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal. Mahasiswa belum mampu menuangkan gagasan, memilih diksi dan gaya bahasa yang tepat. Jumlah mahasiswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai > 70 adalah 8 orang mahasiswa (42,11%). Sedangkan mahasiswa yang  memperoleh nilai < 70 sebanyak 11 orang  mahasiswa (57,89%). Jumlah nilai rata-rata mahasiswa pada prasiklus  adalah 68 (masih rendah). Setelah dilakukan tindakan  pada siklus I mahasiswa memperoleh skor  rata-rata 70 dan taraf  ketuntasan sebesar 68%. Pada siklus II nilai rata-rata76,86 dan taraf  ketuntasan belajar 78,95%.  Peningkatan nilai tes keterampilan menulis puisi meliputi seluruh aspek yang dijadikan kriteria penilaian dengan rata-rata peningkatan dari siklus I  (68%) ke siklus II (79%)  berarti mengalami peningkatan sebesar 32%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi mahasiswa semester IV FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan

Keywords


menulis; puisi; teknik akrostik

References


Azis, S. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada peserta didik kelas viii b smp negeri 1 wonomulyo kec. wonomulyo kab. polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 68-84.

Fleisher, Paul. (2013). Nutrisi Otak 100 permainan yang mengajarkan anak-anak berpikir. Jakarta: PT Indeks.

Hamdani & Dodi Herman. (2008). Strategi belajar mengajar . Bandung: CV Pustaka Setia.

Kosasi. (2012). Dasar-dasar keterampilan bersastra. Bandung: CV Yrama Widya.

Nurgiantoro, Burhanudin. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiantoro, Burhanudin. (2009). Statistik terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Pradopo, Rahmad Joko. (2014). Pengkajian puisi. Jakarta: UMG Press.

Sudibyo. (2008). Pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik. http:gerbangpendidikan.blogspot.com.

Sumiyadi & Memen Durachman. (2014). Sanggar sastra. Bandung: Alfabeta.

Mujiyanto, G., & Ivana, L. (2019). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan teknik akrostik. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 126-138.

Wardoyo, Mangan Sigit. (2013). Teknik menulis puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo,J. (2012). Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan strategi identifikasi berbasis kecerdasan majemuk pada siswa kelas XA SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i2.3502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.