PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA KRITIS UNTUK MAHASISWA

Inawati Inawati, Rita Nilawijaya, Aryanti Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kebutuhan bahan ajar membaca kritis bagi dosen dan mahasiswa, (2) produk bahan ajar membaca kritis hasil pengembangan, dan (3) efek potensial bahan ajar membaca kritis hasil pengembangan untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk buku teks yaitu Membaca Kritis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Jolly dan Bolitho. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Subjek dalam uji lapangan ini terdiri atas 23 orang mahasiswa. Untuk memperoleh informasi kelayakan bahan ajar, dilakukan validasi ahli berdasarkan aspek materi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Data dalam uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes tertulis yaitu  tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan uraian.  Berdasarkan hasil analisis validasi ahli, bahan ajar Membaca Kritis yang dikembangkan dapat dikategorikan baik atau layak digunakan oleh mahasiswa. Hasil tes membaca kritis oleh mahasiswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 47,00 menjadi 69,26  dengan nilai selisih 22,26. Dengan demikian, prototipe bahan ajar Membaca Kritis hasil pengembangan peneliti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca kritis dan layak digunakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja.


Keywords


pengembangan; bahan ajar; membaca kritis

References


Harijanto, M. (2007). Pengembangan bahan ajar untuk peningkatan kualitas pembelajaran program pendidikan pembelajar sekolah dasar. Jurnal Didaktika, 2(1), 216-226.

Harras, Kholid., Endah Tri Priyani & Titik Harsiati. (2007). Membaca 1: Buku Materi Pokok Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.

Inawati, I., & Darningwati, D. (2020). KEMAMPUAN MAHASISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI TEKNIK SKIMMING. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 69-76.

Jolly, D., & Bolitho, R. (1998). A. Framework for Material Writing” dalam Brian Tomlinson (Ed). Materials Development in Language Teaching.

Krisnasanjaya, K., & Muliastuti, L. (1997). Telaah Kurikulum 1994 dan Buku Teks I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurhayati. (2012). Silabus: Teori dan Aplikasi Pengembangannya. Yogyakarta: Leutika Prio.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, Denny dkk. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soedarso. (2005). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subadiyono. (2011). Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Menggunakan Pendekatan Interaktif (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya). Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Soedarso. (2005). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i1.3310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.