PERAN MIND MAPPING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MAHASISWA BAHASA INDONESIA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI DI MUHAMMADIYAH MANOKWARI

Juni Syaputra

Abstract


Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan mengguanakan metode mind mapping pada mata kuliah morfologi.  Penelitian ini dilakukan di STKIP Muhammadiayah Manokwari  di semester III dengan jumlah mahasiswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disajikan sebagai berikut, sebanyak 5 orang  atau 33% berkategori aktif, 10 orang atau 67% berkategori cukup aktif. Dapat disimpulkan bahwa keratifitas mahasiswa dengan menggunakn metode mind mapping berkategori cukup kreatif ddengan persentase 67% sehingga peran mind mapping dalam kreativutas mahasisiswa memiliki peran yang cukup besar. Kreativitas yang dimaksud, Mahasiswa mampu menganalisis pemahaman yang muncul dari fakta dan petunjuk yang diberikan, Mahasiswa dapat memaparkan  konsep, sifat dalam memecahkan permasalahan pada mata kuliah morfologi, Mahasiwa mencetuskan sesuatu yang berbeda dengan lancar dan tepat, Mahasiswa mengembang sesuatu dari dosen/mahasiswa baik dan tepat.


Keywords


mind mapping; kreativitas; morfologi

References


A’yuna, Qurrata. (2015). Kontribusi Peran Orang Tua dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Jurnal Edukasi, 1 (1): 1-19.

Botty, Midya. (2018). Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 4 (1): 41-55.

Ginting, Br., Kannegi, Monto. (2013). Efektivitas Model Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Rakyat Sei Gelugur Tahun Pelajaran 2013/2013. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (4).

Iswanto., Roniwijaya, Pirun. (2017). Pembelajaran Model Mind Map Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kelistrikan dan Instrumen Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Diponegoro Depok Slamen. Jurnal Taman Vokasi, 5 (1): 92-104.

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, dan Homaniora, 3 (2): 329-347.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Syam, Natriani., Ramlah. (2015). Peran Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 5 (3): 184-197.

Swadarma, Doni. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Syahidah, Nuris. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Widya, Ratna Sari. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Fisika Berbasis Hans on Activity (HOA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambah Samo. Skripsi. Universitas Pasir Pengairan.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i1.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.