KEMAMPUAN MAHASISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI TEKNIK SKIMMING

Inawati Inawati, Darningwati Darningwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan ide pokok pargraf melalui teknik skimming mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja. Adapun target atau  luaran capaian yang akan dicapai dalam  penelitian ini adalah terindeks dalam jurnal nasional. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 33 mahasiswa sehingga sampel penelitian berjumlah 33 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, kemampuan mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja menentukan ide pokok paragraf dengan teknik skimming termasuk dalam kategori cukup mampu. Pencapaian ini ditunjukkan hasil sebanyak 2 orang mahasiswa (6,06%) termasuk kategori sangat mampu dan sebanyak 13 orang mahasiswa (39,4%) termasuk kategori mampu. Selanjutnya, sebanyak 6 orang mahasiswa (18,18%) termasuk kategori cukup mampu, sedangkan yang termasuk kategori kurang mampu sebanyak  7 orang mahasiswa (21,21%), dan sebanyak 5 orang mahasiswa termasuk kategori tidak mampu (15,15%), dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 60,39. Berdasarkan hasil rata-rata skor kemampuan mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja menentukan ide pokok paragraf melalui teknik skimming tersebut termasuk kategori cukup mampu.


Keywords


membaca; skimming; ide pokok

References


Abiyanti, E. (2017). Pengaruh Kefektifan Membaca Cepat Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal Diksatrasia, 1 (1): 203-211.

Harras, K., Endah T.P., & Harsiati, T. (2007). Membaca 1: Buku Materi Pokok Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.

Inawati, I. (2019). Tingkat Membaca Pemahaman Mahasiswa terhadap Isi Wacana dengan Tes Rumpang. Jurnal Bindo Sastra, 3 (1), 23-28.

Inawati., & Sanjaya, M.D. (2018). Mari Membaca Cepat. Yogyakarta: Deepublish.

Inawati, I., & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU. Jurnal Bindo Sastra, 2 (1): 173-182.

Kosasih, E. ( 2010). Tata Bahasa Indonesia Praktis. Jakarta: Nobel Edumedia.

Munawaroh, B., Madyono, S., & Suwarti. (2018). Teknik Membaca Skimming dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Narasi Kelas V SDN Ngereco Kabupaten Blitar. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 26 (1): 7-12.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarso. (2005). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subadiyono. (2011). Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Menggunakan Pendekatan Interaktif (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya). Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Sudijono, A. (2005). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, D. P. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, S., & Ibrahim, A.S. (2012). Assesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Widdowson, H.G. (1983). Teaching Language as Communication. Oxford: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.