PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN KAHOOT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VII

Supriatini Supriatini, Refson Refson, Mustofa Mustofa

Abstract


Rendahnya minat siswa dalam mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan pendidik pada evaluasi pembelajaran merupakan latar belakang penelitian ini. Siswa merasa bosan dengan alat evaluasi yang digunakan dalam bentuk tertulis. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan dan memanfaatkan alat evaluasi berbasis kemajuan teknologi informasi dengan aplikasi Kahoot. Metodologi penelitian pengembangan ini adalah metode pengembangan yang menghasilkan produk melalui pengujian validitas produk yang akan dikembangkan. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk alat evaluasi dalam bentuk aplikasi Kahoot. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan pengembangan diperoleh bahwa aplikasi Kahoot dapat dimanfaatkan sebagai media interaktif dalam evaluasi pembelajaran. Hasil uji coba aplikasi Kahoot pada 11 peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Palembang (kelompok kecil) menunjukkan tanggapan positif peserta didik. Peserta didik terlihat aktif saat melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan aplikasi Kahoot.


Keywords


pengembangan; alat evaluasi; dan Kahoot

References


Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. (1983). Educational Research. An introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.

Dewi, Cahya Kurnia. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.

Firdaos, Rijal. (2016). Metode Pengembangan Instrumen Pengukuran Kecerdasan Spiritual Mahasiswa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.Vol. 11 No. 2: 377-398.

Ismawati, Esti. (2012). Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.