LEVERAGE UKURAN PERUSAHAAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Zalfa Yulimtinan, Suci Atiningsih

Abstract


The purpose of this study if determine the effect of leverage, firm size and sales growth on firm value with profitability as intervening variable. The population in this study are automotive sector and metals sector listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2015-2019 period using a purposive sampling method, 27 companies were selected in the sample. Analysis of the data used is the analysis of Partial Least Square (PLS) which is assisted with smartPLS 3.0 software. Based on the result of testing the data shows that leverage, firm size and sales growth have a positive effect on profitability. But leverage, firm size and sales growth have not effect on firm value. Profitability has a positive effect on firm value. Profitability is able to mediate the effect of leverage, firm size and sales growth on firm value.

Keywords


Leverage, Firm Size, Sales Growth, Firm Value, Profitability

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, A. Z., & Suprihhadi, H. (2017). Pengaruh Modal, Aset, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perbankan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(1), 1–15.

Asmawi, A. R. G. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening.

Atiningsih, S., Pancawardhani, N., & Mohklas. (2020). Pengaruh Leverage, Return On Equity (ROE) dan Firm Size Terhadap Firm Value dengan Dividend Policy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Fokus Ekonomi, 15(1), 105–126.

Atiningsih, S., & Wahyuni, A. N. (2020). Pengaruh Firm Size, Sales Growth, Struktur Aset dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. JURNAL STIE SEMARANG, 47–68.

Cheryta, A. M., Moeljadi, & Indrawati, N. K. (2017). The effect of leverage, profitability, information asymmetry, firm size on cash holding and firm value of manufacturing firms listed at Indonesian Stock Exchange. International Journal of Research in Business Studies and Management, 4(4), 21–31.

Christiani, L., & Herawaty, V. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2.

Damaianti, I. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 52(1), 173–182.

Dewi, N., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3028–3056.

Fista, B. F., & Widyawati, D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(5), 2051–2070.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0. In Universitas Diponegoro. Semarang.

Gozali, I., & Latan, H. (2015). Patrial Least Squeres Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS3.0. In Semarang: UNDIP.

Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan, return on equity dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di indonesia. Fakultas Ekonomi, 21(1), 67–75.

Hirdinis, M. (2019). Capital structure and firm size on firm value moderated by profitability. International Journal of Economics and Business Administration, 7(1), 174–191.

Jannatun, A., & Chomsatu, Y. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Degree Of Operating Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara.

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square ( Sem-Pls ).

Kelana, S., & Amanah, L. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(1), 1–22.

Kusumo, C. Y., & Darmawan, A. (2016). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Dan Diversifikasi Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013 – 2016). Jurnal Administrasi Bisnis, 57(1), 1–7.

Limbong, D., & Chabachib, M. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 5(4), 1–14.

Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1108–1117.

Maurien, & Ardana, I. C. (2019). Pengaruh Profitabilitas , Firm Size , Firm Growth , Likuiditas , Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, I(4), 1013–1021.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 131–143.

Miswanto, Abdullah, yanuar R., Suparti, S., & All, E. (2017). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Monoarfa, R. (2018). The Role of Profitability in Mediating the Effect of Dividend Policy and Company Size on Company Value. Business and Management Studies, 4(2), 35.

Mulyani, S., Amboningtyas, D., & Fathoni, A. (2016). The Influence Of Liquidity, Profitability, Leverage On Firm Value With Capital Structure as Intervening Variable. E-Jurnal Manajemen Unud, 1–11.

Natsir, K., & Yusbardini, Y. (2020). The Effect of Capital Structure and Firm Size on Firm Value Through Profitability as Intervening Variable. Advances in Economics, Business and Management Research, 145(Icebm 2019), 218–224.

Novari, P., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9), 252428.

Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftahudin, M. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 30–36.

Paradila, V., Wijaya, A., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Size Perusahaan, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur sektor Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2017). 617–635.

Pratama, I., & Wiksuana, I. (2016a). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2).

Pratama, I., & Wiksuana, I. (2016b). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2), 3028.

Putra, M. S. . (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Dimediasi Profitabilitas pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Skripsi, 2, 227–249.

Rahmadani, F. D., & Rahayu, S. M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahan Perbankan yang Terdaftar Pada BEI Periode 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis.

Rahmantio, I., Saifi, M., & Nurlaily, F. (2018). Pengaruh Debt to Equity Ratio , Return on Equity , Return on Asset dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 151–159.

Santoso, B. A., & Budiarti, A. (2020). Profitabilitas Sebagai Mediasi Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 45–57.

Sari, P., & Abundanti, N. (2014). Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 3(5), 1427–1441.

Surmadewi, N., & Saputra, I. (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6, 567.

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Sains Manajemen Dan Akuntansi, X(1), 65–85.

Suwardika, I., & Mustanda, I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. None, 6(3),.

Trang, I., Murni, S., & Pantow, M. S. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Di Indeks Lq 45. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 961–971.

Yulandani, F., Hartanti, R., & Dwimulyani, S. (2018). pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel pemoderasi. Seminar Nasional I Universitas Pamulang.

Zuhroh, I. (2019). The Effects of Liquidity , Firm Size , and Profitability on the Firm Value with Mediating Leverage. 2019, 203–230.




DOI: https://doi.org/10.32502/jab.v6i1.3422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.