PENERAPAN PROGRAM K3 MEMENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN APD DI BAGIAN PENGANTONGAN PUPUK PT. PUSRI PALEMBANG

Putri Caroline, Putri Rizki Amalia Badri, Budi Utama

Abstract


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani pekerja. Dengan K3 maka para pihak diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan aman dan nyaman. Proses penerapan program K3 diterapkan dengan tujuan K3 disuatu perusahaan dapat berjalan dengan efektif, sehingga tercipta suatu keadaan yang aman dan tindakan aman dari pekerja seperti menaati peraturan untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). APD merupakan upaya yang dilakukan dalam penerapan program K3 untuk mencegah terjadinya risiko kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Penerapan Program K3 terhadap perilaku Penggunaan APD di PT. Pusri Palembang (Bagian Pengantongan Pupuk). Jenis penelitian observasi analitik dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT. Pusri Palembang bagian pengantongan pupuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dengan besar sampel 80 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Data didapatkan melalui pengisian kuesioner dan dianalisis secara bivariat. Hasil uji statistik menggunakan uji Fisher didapatkan hubungan yang bermakna antara penerapan program K3 terhadap perilaku penggunaan APD (p value 0,010; OR=6,327). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Penerapan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap perilaku Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Pusri Palembang (Bagian Pengantongan Pupuk) .


Keywords


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Alat Pelindung Diri (APD),PT. Pusri Palembang

Full Text:

PDF

References


Sucipto CD. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Ramli S. 2013. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Dian Rakyat.

Suma’mur. 2014. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: Sagung Seto.

Edigan, Firman Linda Ratna Purnama Sari, & Risa Amalia. 2019. Hubungan antara Perilaku Keselamatan Kerja terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Karyawan PT. Surya Agrolika Reksa di SEI Basau. Jurnal Saintis. 19(2):61-70.

Situmorang K, Hasyim H, Sitorus RJ. 2010. Faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja di bagian pengantongan dan penyimpanan urea (PPU) ¾ PT. Pusri Palembang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 1(2):92-96.

Butar WTBRB. 2019. Faktor determinan kapasitas vital paru pada pekerja di Area Pengantongan Dan Penyimpanan Pupuk Urea (PPU) PT. Pupuk Sriwidjaja. [Skripsi] Universitas Sriwijaya, Palembang.

Romada F. 2010. Analisis penerapan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan hubungannya dengan produktivitas kerja karyawan (Studi Kasus: PT. Coca Cola Bottling Indonesia Bagian Produksi National Plant Cibitung Jawa Barat). [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Ningsih W & Ferijani A. 2019. Deskripsi Pelaksanaan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) di Perusahaan Panca Jaya. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan. 2(2):267-286.

Muntiana K. 2014. Hubungan persepsi karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada jalur 3 dan 4 PT Wijaya Karya Beton Boyolali Tbk. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Astiningsih H, Kurniawan B, & Suroto S. 2018. Hubungan Penerapan Program K3 terhadap Kepatuhan Penggunaan APD pada Pekerja Konstruksi di Pembangunan Gedung Parkir Bandara Ahmad Yani Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6(4):300-308.

Barizqi IN. 2015. Hubungan antara kepatuhan penggunaan APD dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja bangunan PT. Adhi Karya Tbk Proyek Rumah Sakit Telogorejo Semarang. [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Saputri DIA & Paskarini I. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja kerangka bangunan (Proyek Hotel Mercure Grand Mirama Extention Di PT. Jagat Konstruksi Abdipersada). The Indonesian Journal of Occupational Safety, Health and Environment. 1(1):120-131.




DOI: https://doi.org/10.32502/oku.v1i1.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2776-8147