Analisis Bauran Pemasaran dan Analisis SWOT Pengembangan Pariwisata Alam Taman Nasional Sembilang

Budy Kriswandi, Endang Sosilawati

Abstract


Pengembangan obyek wisata direncanakan dan dilakukan sesuai dengan potensi dan kemampuan untuk menyusun rencana dan pengelolaan secara optimal sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan pemasaran dan strategi pengembangan objek wisata Taman Nasional Sembilang dalam menarik wisatawan. Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober 2014 sampai Januari 2015 di Instansi Balai Taman Nasional Sembilang. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang sudah dalam keadaaan baik menurut bauran pemasaran adalah Customer Service (3,11), sedangkan aspek Produk (2,75), Harga (2,19), Promosi (2,63), Tempat (2,34), People (2,96), Proses (2,49) merupakan aspek-aspek yang masih butuh perbaikan ke depannya. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan hasil bahwa saat ini Taman Nasional Sembilang termasuk pada posisi mendukung strategi agresif (kuadran 1).  Hal ini dapat diartikan bahwa Taman Nasional Sembilang dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat memungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara optimal. Oleh karena itu, strategi yang ditawarkan dari hasil penelitian ini adalah perpaduan antara kekuatan dan peluang atau strategi Strength-Opportunitis (SO) yang dapat diartikan bahwa Taman Nasional Sembilang dapat memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.

Keywords


Analisis SWOT, Pengembangan Pariwisata, Taman Nasional Sembilang

Full Text:

PDF

References


Anonim.2003. Rencana Pengembangan Pariwisata Alam Nasional Di Kawasan Hutan. Direktorat Wisata Alam dan Pemanfaatan Jasa Lingkungan. Direktorat Jendral Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Departemen Kehutanan. 2004. Konsepsi Nasional Program dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Alam. Direktorat Jendral Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam. Direktorat Bina Kawasan Pelestarian Alam. Bogor.

Hasan, M. Iqbal, 2002. Pokok-pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta

Ketchen Jr. D. Et all. 2009 Strategy 2008-2009” New York: McGraw-Hill (http://id.wikipedia.org/wiki/ Manajemen_Strategis#cite_note-Strategi-1, diakses 06 Oktober 2014

Rangkuti, F. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Keduabelas. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Siregar, J. Arni, 2012. Analisis Strategi Pengembangan dan Pemasaran Objek Wisata Danau Siais dalam Menarik Kunjungan Wisatawan. 2012. Universitas Sumatera Utara. Medan




DOI: https://doi.org/10.32502/jgsa.v1i1.3109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

 

Journal of Global Sustainable Agriculture
Diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang

Contact Person:

Nabilatussa'diyah
Klinik Publikasi Pertanian
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/JGSA

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.