TINGKAT KESADARAN SEJARAH MASYARAKAT DESA TELUK KIJING 2 KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN DALAM MELESTARIKAN SITUS TELUK KIJING YANG BERCORAK HINDU PADA TAHUN 1920-2013

Nurima Nurima

Abstract


Penelitian ini berjudul Tingkat Kesadaran Masyarakat Desa Teluk Kijing 2 Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin dalam Melestarikan Situs Teluk Kijing yang Bercorak Hindu pada Tahun 1920-2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  1) Bagaimana kondisi benda-benda peninggalan yang terdapat di situs Teluk Kijing yang bercorak Hindu pada tahun 1920-2013. 2) Bagaimana tingkat kesadaran sejarah masyarakat desa Teluk Kijing kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin dalam melestarikan situs Teluk Kijing yang bercorak Hindu pada tahun 1920-2013. 3) Bagaimana pengaruh keberadaan situs Teluk Kijing terhadap kehidupan masyarakat desa Teluk Kijing 2 kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin. Metodologi penelitian: metode yang digunakan dalam penelitian ini metode sejarah historis atau metode sejarah, jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan sosiologi, budaya, geografis dan agama. Langkah-langkah penelitian, yiatu 1) Heuristik, dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni data primer (lisan atau wawancara, tulisan atau dokumen) dan sekunder (buku-buku ilmiah, jurnal, dokumentasi yang berkaitan dengan masalah penelitian). 2) Verifikasi (kritik sumber), 3) Interpretasi (menganalisis data kualitatif, yaitu: penyajian data (display data), serta dan 4) Historiografi. Dari hasil penelitian mendapatkan kesimpulan: 1) Kondisi benda-benda di situs Teluk Kijing dari tahun 1920-2013 sebagian masih ada di masyarakat sebagiannya lagi setelah dilakukan ekskavansi diabawah ke Balai Arkeologi Palembang tujuannya agar terjaga keamanannya.2) Tingkat kesadaran masyarakat desa Teluk Kijing 2 dalam melesatarikan situs Teluk Kijing, yaitu rendah hal ini dapat dilihat sebagian besar masyarakat yang tidak menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan situs-ataupun benda-benda bersejarah seperti: keramik hiasan dinding, vas bunga, guci dan lain sebagainya. 3) Pengaruh situs Teluk Kijing dalam perekonomian masyarakat desa Teluk Kijing sebenarnya tidak ada pengaruh sama sekali terhadap perekonomian karena letak situs Teluk Kijing di dalam perkebunan karet milik warga, sehingga susah bagi masyarakat setempat utuk melakukan aktivitas seperti berdagang akan tetapi diluar area situs Teluk Kijing ada beberapa warga yang melakukan aktivitas perdagangan yang mejual makan khas daerah Musi Banyuasin seperti: kerupuk, ikan salai dan ikan asin.

 


Keywords


tingkat esadaran; sejarah; kesadaran sejarah; masyarakat; desa, situs dan hindu

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Dudung. (2011). Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Anangnurdiyanto. (2008): Sejarah Indonesia @wikimedia.or.id diakses tanggal 22 Desember 2013).

Anwar, Yan W. (2010). City Guide South Sumatera Selatan Higlight. Jakarta: PT. Nusa Global Prima KONI South Sumatera.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Kartodirjo, Sartono. (1997). Metode Penelitian, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Meoliono, Anton M. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nazir, Moh. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Picard, Michel. (2006). Bali Pariwisata dan Budaya Pariwisata. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Pidarta, Made. (2007). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Poeponegoro dan Notosusanto. (2010). Sejarah Nasional Indonesia Jilid II. Jakarta: Balai Pustaka.

Rasyid, Alfabri. (2010). Sumatera Selatan Suatu Tijauan: Geo-Historis dan Sosio-Antropologi. Sumatera Selatan.

Siregar, Sondang M. (2006). Menelusuri Jejak-jejak Peradaban Di Sumatera Selatan. Jakarta: Balai Arkeologi Palembang.

Sugiyono. (2008). Metode Pendekatan Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1.3599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Indexed by :