SEJARAH ISLAM DI PALEMBANG

M Bisma Zakawali, Hudaidah Hudaidah

Abstract


Masuknya islam di Palembang ada beberapa pendapat yaitu ada yang berependapat pada abad-7 dan ada juga yang berpendapat pada abad-16 pendapat ini mempunyai hubungan dengan teori-teori yang beredar, Metode yang di gunakan dalam penulisan ini dengan cara metode historis, langka yang pertama heuristik atau proses pengumpulan data atau sumber, kedua verifikasi data atau proses memilih sumber yang valid dan autentik, ketiga interpretasi yang artinya proses penafsiran data yang sudah terkumpul dengan mensintesiskan, dan terakhir historiografi adalah penulisan sejarah. Sebagai kesimpulan dalam penulisan ini adalah Sejarah islam di Palembang di awali dengan masuknya para pedagang dari arab pada abad ke7 yang berlayar kepulau nusantara dan adanya kerja sama antara para pedagang dengan kerajaan nusantara pada saat itu. Salah satu kerajaan terbesar pada abad ke-7yaitu kerajaan sriwijaya yang terletak di Palembang dan para pedagang ini juga membawa ajaran yang di anutnya yaitu ajaran agama islam agar bisa di ajarkan oleh para masyarakat tetapi pada abad ke-7 tersebut para pedagang tidak terlalu untuk menyebaarkan agamnya karna pada saat itu masih berkembangnya ajaran agama hindhu, Buddha tetapi para pedagang tersebut memperkenalkan agama islam terlebih dahulu , islam mulai berkembang di wilayah palembang pada berdirinnya masa kesultanan Palembang pada tahun 1965.


Full Text:

PDF

References


Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta: Pustaka Book Pubhlisher.

Azyumardi Azra. (2012). Indonesia dalam Arus Sejarah Jilid 3. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Gustama, Faisal Ardi. (2017). Buku Babon Kerajaan-Kerajaan di Nusantara. Yogyakarta: Brilant Book.

Hasbullah. (2001). Sejarah Pendidikan Islam Indonesia Lintas Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

H. J. de Graaf dkk. (1998). Cina Muslim di Jawa Abad XV dan XVI: antara Historisitas dan Mitos, Penterjemah: Alfajri. Yogyakarta: Tiara Wacana.

M. D Madjid, J Wahyudhi. (2014). Ilmu Sejarah.

Taufik, Abdullah. (1991). Sejarah Umat Islam Indonesia. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Indexed by :