NILAI-NILAI SEJARAH SEBARAN SITUS PENINGGALAN MASA ISLAM DI PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Kabib Sholeh, Aan Suriadi, Reyvaldi Uyun

Abstract


Sebaran situs-situs bersejarah di Palembang sangat beragam peninggalannya mulai dari situs masa Budha, Hindu, Islam dan Kristin, tetapi terkait sebaran situs-situs masa Islam maka pembahasan ini sangat menarik karena situs ini tentu mengandung nilai-nilai sejarah yang sangat penting untuk diketahui terutama terkait pekembangan Islam di Palembang. Ditambahkan lagi nilai-nilai sejarah tersebut tentu dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah yang menarik dan penting. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui  dan menganalisis sebaran situs-situs peninggalan masa Islam di Palembang, untuk menganalisis nilai-nilai sejarah situs masa Islam di Palembang yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah (metode historis), di mana diawali dengan pengumpulan data atau disebut Heuristik, baik data lapangan maupun data pustaka seperti jurnal, laporan hasil penelitian dan lain-lain. Selanjutnya melakukan verifikasi data atau pemilahan data yang valid dan tidak valid sehingga data yang akan digunakan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Setelah Verifikasi data sudah dilakukan maka dilaksanakannya Interpretasi sejarah atau penafsiran sejarah secara integrasi dari data-data yang sudah didapat, maka langkah terakhir yaitu melakukan Historiografi atau penyusunan dan penulisan sejarah. Palembang merupakan salah satu wilayah yang memiliki sejarah panjang terutama pada masa perkembangan Islam yaitu terdapat peninggalan situs-situs sejarah yang sangat penting. Sebaran situs-situs bersejarah masa Islam tersebut mengandung nilai-nilai sejarah seperti nilai keuletan dan perjuangan, nilai religious, nilai sosial dan budaya. Nilai-nilai sejarah tersebut tentu dapat dijadikan sebagai sumber pemeblajaran sejarah yang  menarik dan penting untuk masa kini dan masa yang akan datang. 

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (1999). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Adil, Muhammad. (2014). Dinamika Pembauran Hukum Islam di Palembang: Mengurai Isi Undang-Undang Simbur Cahaya. Nurani: Jurnal Kajian Syari'ah dan Masyarakat 14 (2): 57-76.

Kesuma, O. K. Kabib Sholeh (2019). Nilai-nilai Sejarah Gereja Tua dalam perkembangan agama Kristin di Palembang.

Ningsih. (2012). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Alam (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas I SD Alam Cikeas Bogor)”. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (5): 1-29.

Mardeli. (2017). Budaya Islam Lokal di Kampung Al-Munawar Palembang. INTIZAR, 23 (2).

Muhtiar, A. (2018). Ornamen Bangunan Cungkup I pada Kompleks Makam Kawah Tekurep (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Saharudin, S. (2016). Tinjauan Fiqh Jinayah Terhadap Tindak Pidana Pencurian Cagar Budaya Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Pasal 106 (Studi Kasus Makam Sabokingking dan Makam Kawah Tengkurep). (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Sholeh, K. (2018). Masuknya Agama Islam di Palembang pada masa Kerajaan Sriwijaya abad VII Masehi. Seminar NAsional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 05. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Sukada. Dkk (2013). “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4: 1-4.

Syamsudin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: ombak.

Utomo, B. B. (2011). Atlas Sejaran Indonesia Masa Islam, Dirjen Sejarah dan Purbakala. Jakarta: Bukupedia.

Wandiyo, Suryani, Ida. Sholeh, K. (2020). Hubungan Sriwijaya Dengan Dinasti Umayah Terhadap Masuknya Agama Islam di Palembang Pada Abad VIII. SINDANG. 2(1): 35.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1.3597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Indexed by :