Perkembangan PT. Pos Indonesia Cabang Palembang Masa Orde Baru Periode Pelita tahun 1966

Dewi Setyawati

Abstract


Pos merupakan salah satu artefak peradaban yang universal.  Kehadirannya sangat erat dengan tumbuh berkembangnya peradaban pada masyarakat.  PT. Pos Indonesia (Persero) adalah bagian dari jejaring perposan dunia.Penelitian ini dilakukan atas keinginan penulis untuk  mengetahui perkembangan Perseroan Terbatas Pos Indonesia Cabang Palembang, untuk mengetahui fungsi layanan pos dan upaya peningkatan kualitas pelayanan untuk masyarakat.  Adapun metode yang digunakan adalah metode  historis melalui  tahap heuristik, kritik sumber yang terbagi menjadi kritik ekstren dan intern, interpretasi dan  historigrafi. Hasil penelitian menjelaskan perkembangan sejarah Perusahaan Umum Pos dan Giro hingga menjadi Perseroan terbatas Pos Indonesia, kemudian kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Direktur Pos dan Giro pada masa orde baru Periode Pelita (Pembangunan lima tahun ) dalam meningkatkan fungsi serta kualitas  pelayanan Pos.  Dari hasil penelitian didapatkan peningkatan perkembangan dari Perseroan Terbatas Pos Indonesia Cabang Palembang dapat memudahkan masyarakat menggunakan layanan-layanan yang di keluarkan oleh Pos yang mengikuti perkembangan zaman.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Dudung. (2011). Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Ahmad,Imam. Dkk. (2011). Melayani Rakyat Menjaga Negara Sejarah Sosial, Politik dan Ekonomi PT Pos Indonesia (Persero). Jakarta : Lembaga Studi d `an Pengembangan Etika Usaha (LSPEU) Indonesia dan PT Pos Indonesia (Persero).

Daliman. (2012). Metodologi Penelitian Sejarah. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Departemen Perhubungan-Direktorat Jenderal POS dan Telekomunikasi. (1980). Sejarah Pos Dan Telekomunikasi Jilid 1 Masa Pra Kolonial. Bandung : C.V. Cahaya Makmur.

Departemen Perhubungan-Direktorat Jenderal POS dan Telekomunikasi. (1980). Sejarah Pos Dan Telekomunikasi Jilid II Masa Perang Kemerdekaaan 1945-1949. Bandung: C.V. Cahaya Makmur.

Departemen Perhubungan-Direktorat Jenderal POS dan Telekomunikasi. (1980). Sejarah Pos Dan Telekomunikasi Jilid V Masa Orde Baru. Bandung: C.V. Cahaya Makmur.

Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kelembagaan PT. Pos Indonesia (Persero), dalam www.bumn.go.id(di akses 25 Agustus 2014).)

Herlina , Nina. (2008). Metode Sejarah . Bandung: Satya Historika.

Herlina , Nina. (2009). Historiografi Indonesia Dan Permasalahnya . Bandung: Satya Historika.

http://palembangdalamsketsa.blogspot.com/2007/11/kantor-pos-besar-merdeka palembang.html, (di akses 18 Agustus 2014).

Id.wikipedia.org/wiki/Pos_Indonesi (diakses 18 Agustus 2014).

Kartajaya, Hermawan. (2012). Marketing For Turnaround Realizing the Network Company. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartodirjo, Sartono. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Moeljoto. (2012). Sejarah Pos di Mancanegara. Bandung : Paramedia Komunikama bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia.

Sair, Alian. (2012). Criksetra Jurnal Pendidikan dan Kajian Sejarah.Palembang: FKIP Sejarah Universitas Sriwijaya

Sjamsuddin ,Helius. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Suryabrata, Sumadi. (2003). Psikologi Pendidikan . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Soemitro, Rochmat. (1993). Hukum Perseroan Terbatas, Yayasan dan Wakaf. Bandung : PT. Eresco.

Suwarno. (2012). Sejarah Politik . Yogyakarta : Penerbit Ombak.

PP. No.9, 1978. http://www. hukumonline.com/pusatdata/detail/20426/node/91/pp-no-9-tahun-1978-perusahaan-umum-pos-dan-giro (di akses 25 Maret 2015)

Prasetya, Rudhi. (1996). Kedudukan Mandiri Perseroan Terbatas. Surabaya: PT. Citra Aditya Bakti.

Prasetya, Rudhi. (2011). Teori dan Praktik Perseroan Terbatas. Jakarta : Penerbit Sinar Grafika.

Priyadi, Sugeng. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Sejarah. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

PT. Pos Indonesia, Visi dan Misi PTI. Pos Indonesia (Persero), dalam www.pos.go.id (diakses 15 Oktober 2014)

Yass, Marzuki AB. (2004). Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang: Universitas Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v1i1.3596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Indexed by :