KONTRIBUSI TANAMAN SUB SEKTOR KEHUTANAN TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA PEMATANG KASIH KECAMATAN PEMATANG PANGGANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI) PROVINSI SUMATERA SELATAN

Sasua Hustati Syachroni, Sutarmo Iskandar, Mad Deris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Tanaman Sub Sektor kehutanan terhadap pendapatan masyarakat di Desa Pematang Kasih Kecamatan Pematang Panggang Kabupaten OKI. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pematang Kasih Kecamatan Pematang Panggang Kabupaten Ogan Komering Ilir Propinsi Sumatera Selatan. Penentuan lokasi dipilih secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa di Desa Pematang Kasih umumnya petani mengusahakan tanaman karet dan tanaman sub sektor kehutanan lainnya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2018 sampai dengan bulan Agustus 2018. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan hasil penelitian yang diambil dari populasi dan menggunakan quisioner sebagai alat pengumpul data pokok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode Acak Sederhana (Simple Random Sampling), dimana semua populasi petani contoh berasal dari Desa Pematang Kasih. Populasi KK yang dijadikan responden contoh dalam penelitian ini adalah petani karet yang sudah berproduksi di sekitar DAS Wai Mesuji sebanyak 10% dari jumlah 227 KK yaitu 23 KK. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.  Pendapatan total petani contoh perbulan berasal dari pendapatan pokok dan pendapatan tambahan. Pendapatan total petani contoh 100,00% perbulan berasal dari pendapatan pokok sebanyak 75,97% dan pendapatan tambahan sebanyak 24,03%, sedangkan pekerjaan sampingan dari petani contoh terbanyak adalah pencari kayu gelam dengan jumlah 7 orang (30,43%) dan pekerjaan sampingan dari petani contoh terendah dengan jumlah 2 orang (8,70%) adalah petani singkong.


Keywords


tanaman sub sektor kehutanan; pendapatan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anwar, C., 2001. Manajemen dan Teknologi Budidaya Karet. Pusat Penelitian Karet. Medan.

Basir, B. 1999. Managemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Soekartawi. 2006. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil – Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soentoro.1984. Penyerapan Tenaga Kerja Luar Sektor Pertanian di Perdesaan .Jakarta: Obor.

Suhendry, I., 2002. Kajian Finansial Penggunaan Klon Karet Unggul Generasi IV. Warta Pusat Penelitian Karet. 21 : 1- 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.