PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATERI GESERAN

Sunardi Sunardi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bidang kognitif mahasiswa siswa pada mata kuliah geometri pada materi geseran tiap tahun yang mengalami kenaikan tetapi tidak merata hasil tesnya, maka untuk peningkatan prestasi kognitif siswa ada potensi yang belum digunakan yang dapat mendorong mahasiswa untuk belajar aktif yaitu partisipatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata nilai mahasiswa materi geseran menggunakan metode partisipatif lebih baik dari rata-rata nilai mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Seluruh populasinya dijadikan sampel, yaitu mahasiswa semester VI yang mengambil mata kuliah geometri transformasi yaitu kelas VIA dan VIB. Data diperoleh dari hasil tes bentuk esai yang diberikan kepada sampel setelah diadakan eksperimen. Hasil analisis menunjukkan untuk uji kesamaan dua rataan hasil bidangbelajar bidang kognitif mahasiswa antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model partisipatif dengan belajar konvensional didapat pada thitung – 3,70 dan ttabel pada taraf 5% didapat t0,95(100) = 2,00 maka thitung> ttabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rataan hasil belajar bidang kognitif mahasiswa antara kelas yang pembelajarannya menggunakan partisipatif lebih baik dari pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional

Keywords


Hasil Belajar, Partisipatif, Konvensional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i1.685


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :