IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LIMAS SEGIEMPAT KELAS VIII SMP

Rieno Septra Nery

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi macam-macam kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal limas segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Palembang pada kelas VIII5 dan VIII6 yang berjumlah 66 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa jawaban siswa dari soal tes yang berjumlah 5 soal esai yang sudah divalidasi. Pada saat tahap pengoreksian, kesalahan yang terjadi dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, ditemukan beberapa kesalahan antara lain menganggap rusuk tegak limas sebagai tinggi limas, menganggap rusuk alas limas sebagai diagonal sisi limas, menganggap bidang alas limas sebagai diagonal sisi limas, menganggap bidang tegak limas sebagai rusuk tegak limas, menganggap titik sudut alas limas sebagai rusuk alas limas, menganggap titik puncak limas sebagai rusuk tegak limas, menganggap titik puncak limas sebagai bidang tegak limas, menganggap diagonal sisi limas sebagai rusuk tegak limas, menganggap bidang diagonal limas sebagai diagonal sisi limas, menganggap bidang diagonal limas sebagai bidang tegak limas, salah menuliskan rumus luas permukaan limas dan volume limas, salah menuliskan rumus untuk menghitung banyak genteng yang diperlukan untuk menutupi atap rumah, salah dalam substitusi angka, dan tidak menuliskan satuan.


Keywords


Kesalahan; Deskriptif; Limas Segiempat

Full Text:

PDF

References


Kanginan. M. (2007). Cerdas Belajar Matematika untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kurniasari, I. (2013). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Materi Dimensi Tiga Kelas XI IPA SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lipianto, D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Persegi dan Persegi Panjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Di Kelas VII.(online),(https://www.google.co.id)

Sunardi. (2013). Penilaian Pembelajaran (Asesmen). Palembang: Tunas Gemilang.

Swarjana, I. K. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan Tuntunan Praktis Pembuatan Proposal Penelitian . Yogyakarta: ANDI.

Yuliani, E. R. (2012). Bahan Ajar Analisis Data. Palembang: FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1642


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :