HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR THE POWER OF TWO

Ratih Purwasih, Bonita Hirza, Agus Supriadi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: “untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menggunakan strategi pembelajaran the power of two pada tahun ajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sampelnya dipilih dengan teknik random sampling dimana sampel diambil secara acak. Sampel yang diambil adalah dua sekolah yaitu SMP Nahdatul Ulama dan SMP Azahryah. Dari data yang telah terkumpul diperoleh nilai rata-rata siswa dengan standar deviasi hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe the power of two di kelas IX yaitu nilai rata-rata dimana nilai rata-rata siswa lebih besar dari nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 65, dan nilai standar deviasi. Dimana pada penerapan strategi the power of two dapat meminimalkan sifat pasif siswa, lebih percaya diri akan kemampuannya, menghargai pendapat orang lain, berani akan bertanya dan menjawab, bekerjasama dengan baik. Adapun pengaruh positif pada nilai siswa yang didapat. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil perhitungan menggunakan uji pihak kanan didapatkan di mana hasil yang berarti ditolak diterima yang menyatakan bahwa “adakah pengaruh yang berarti dengan menggunakan strategi pembelajaran the power of two terhadap hasil belajarmatematika pada nilai rata-rata siswa kelas IX pada tahun ajaran 2017/2018” dan diterima kebenarannya.


Keywords


Strategi the power of two; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Kasmidi & Nia, S. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Punaji, S. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Konteporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Matematika.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1640


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :