PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL PADA MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN

Fita Fatmawati, Kharisma Alfi Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran spasial pada materi volume dan luas permukaan (2) besar pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran spasial pada materi volume dan luas permukaan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Plosoklaten Kediri. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes berupa soal uraian yang sudah diuji validitas  sebanyak 3 soal yang sama antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data pertama adalah uji homogenitas nilai yang diperoleh dari guru mata pelajaran berupa dokumentasi nilai ulangan harian. Selanjutnya adalah data dianalisis dengan uji normaalitas. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,174 > 2,074) maka Ho ditolak. Jadi ada pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran spasial pada materi volume dan luas permukaan.


Keywords


Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik; Kemampuan Penalaran Spasial

Full Text:

PDF

References


Etmy, D., Ratu, H., & Negara, P. (2017). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII MTsN 3 Mataram berdasarkan Kemampuan Spasial ditinjau dari Gender. 1 (1), 349-355.

Harmony, J., & Theis, R. (2012, April). Pengaruh Kemampuan Spesial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. 02, 11-19.

Lalan, I. Y., Indra, R. C., & Jhon, P. (2015). Penggunaan Alat Peraga Polydron Frameworks pada Materi Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika I, 1-13.

Melati, A. E., Sunardi, & Trapsilasiwi, D. (2017). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Kadikma 8 (1), 161-171.

Putri, F. M. (2013, April). PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Edumatica 03, 19-26.

Sugiyono. (2010). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: alfabeta.

Syahputra, E. (2006). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. 353-364.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1638


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :