PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL

Dzikri Setyo Utami, Muhammad Nawawi

Abstract


Pada penelitian ini terdapat masalah yaitu mengenai kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa. Tujuan penelitian pertama adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan matematis-logis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Kedua, untuk mengetahui apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Ketiga, apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempo. Ketiga untuk mengetahui apakah kecerdasan-matematis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol. Pada analisis awal melakukan pengujian uji normalitas dan juga linearitas, pada uji terakhir menggunakan uji regresi. Pada pengujian rasa percaya diri dan hasil belajar matematika hasil yang diperoleh adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol. Pada pengujian kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIIIG SMPN 2 Sumbergempol.


Keywords


Kecerdasan Matematis-Logis; Rasa Percaya Diri; Dan Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter, dalam Jurnal Didaktik Matematika. Vol 4, No 1.

Indrastoeti, J., & dkk. (2015). Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Vol 4, No 1.

Irvaniyah, I., & Akbar, d. R. (2014). Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin, dalam Jurnal EduMa. Vol 3, No 1.

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya, dalam Jurnal Pendidikan. Vol 8, No 2.

Sardin, & Nurmita, W. O. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri 1 Batauga, dalam Jurnal Edukasi. Vol 9, No 1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (n.d.). “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, dalam Jurnal Formatif. Vol 1, No 1.

Triwinarni, D., & dkk. (2017). “Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2, No 1.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, dalam Jurnal Formati. Vol 5, No 3.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1637


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :