HUBUNGAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA DENGAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BENTUK ALJABAR

Arsety Ambar, Uswatun Nailatul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika; (2) mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan logika matematika dengan motivasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Budi Utama Sumbergempol. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Data diperoleh dari hasil tes bentuk esai dan angket. Pada analisis awal, data diuji normalitas. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan uji t-test, uji analisis Korelasi Product Moment dan analisis Regresi Tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika kelas VII SMP Budi Utama Sumbergempol tidak sama dengan 70% dari yang diharapkan itu benar dan dapat diterima bahkan lebih dari itu. Dengan demikian motivasi siswa kelas VII SMP Budi Utama Sumbergempol memang lebih tinggi dari dugaan semula. (2) Hubungan antara kemampuan logika matematika dengan motivasi siswa kelas VII SMP Budi Utama Sumbergempol berpengaruh signifikan dengan persamaan regresi . Hubungan antara keduanya adalah positif dan signifikan sebesar .  Kemampuan logika matematika memberikan kontribusi terhadap motivasi sebesar  yang tergolong rendah dan sisanya sebesar  ditentukan oleh faktor lain. Jadi berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan logika matematika dengan motivasi siswa kelas VII SMP Budi Utama Sumbergempol. Jika kemampuan logika matematika meningkat, maka motivasi siswa juga akan meningkat, dan sebaliknya.


Keywords


Kemampuan Logika Matematika; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Masamah, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Penelitian Pendidikan Matematika 1, 1-18.

Masykur, M., & Fathani, d. A. (2009). Mathematical Intelligence. edited by A. Safa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3(1), 2442-2449.

Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. AgriSains 5.

Yuniarsih, S. H. (2011). Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Tentang Barisan Dan Deret Bilangan Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 5 Purworejo. No 12.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1636


EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :