EFEKTIVITAS MODEL DECISION MAKING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF SISWA KELAS X SMK TRISAKTI BATURAJA

Awalludin Awalludin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja menulis paragraf persuasif sebelum menggunakan model pembelajaran decision making,(2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja menulis paragraf persuasif setelah menggunakan model pembelajaran decision making, dan (3) mendeskripsikan efektivitas modelpembelajaran decision making dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja. Populasi penelitian 123 orang dan sampel 41 orang. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis paragraf persuasif dan teknik analisis data menggunakan teknik statistik dengan rumus uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh pada tes awal adalah 61,29 dan pada tes akhir 77,76 dengan peningkatan skor sebesar 16,47. Dari perhitungan data diperoleh t hitung 8,22 dan t tabe lpada taraf signifikansi 5% sudah diketahui yaitu 2,02. Dalam hal ini, t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel (8,22 > 2,02). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran decision making efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMK Trisakti Baturaja.

Keywords


efektivitas; decision making; menulis; paragraf persuasif

Full Text:

PDF

References


Arifin, E.Z. & Tasai, S.A. (2010). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Fariyanti, M. (2010). Memahami EYD Untuk Menyunting Karangan. Bogor: Quadra.

Finoza, L. (2010). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulya.

Gomulya, B. (2015). Problem Solving and Decision Making For Improvement: Cara Cerdas dan Efektif dalam Memecahkan Masalah dan Mengambil Keputusan untuk Meningkatkan Kinera Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (2010). Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widia.

Lefudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Prawirosentono, S. & Primasari, D. (2014). Manajemen Stratejik dan Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Soenhadji, I.M. (2013). Teori Pengambilan Keputusan. Depok: Universitas Gunadarma.

Subana. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, D. (2008). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung:Angkasa.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.