ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI DALAM LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA

Ilma Dzina Setyowati, Erlina Sulistiyawati, Gema Rifa Cahyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam penggunaan bahasa Indonesia pada tataran fonologi, serta mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa pada tataran fonologi dalam penulisan laporan hasil observasi (LHO) siswa SMK N 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak dan catat dengan mengkaji kesalahan berbahasa dalam LHO siswa SMK N 1 Karanganyar. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menghasilkan pendeskripsian mengenai kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi berupa kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, pemakaian preposisi, penulisan kata dasar, penghilangan fonem, serta faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dikalangan siswa SMK N 1 Karanganyar dalam penulisan LHO. Dapat disimpulkan bahwasiswa kelas X AK 1 (Akuntansi  dan Keuangan Lembaga) SMK N 1 Karanganyar pada penulisan laporan hasil observasi ditemukan banyak kesalahan berbahasa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa adanya kurang perhatian pada kaidah kebahasaan yang seharusnya diterapkan oleh siswa, Siswa juga sering menyingkat kata yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Selain itu, tingkat pemahaman siswa terhadap kosakata baku masih cukup rendah, adanya pengaruh dari bahasa ibu dan bahasa kedua siswa, dan adanya pengaruh dari lingungan baik formal dan informal.


Keywords


analisis; kesalahan berbahasa; fonologi

Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, Faridhotun Dwi. (2012). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X A SMK Batik 2 Surakarta”. Jurnal Ilmiah,Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayudia, dkk. (2016). “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP”. BASASTRA, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Volume 4 Nomor 1, April 2016, I2302-6405.

Ghufron, S. (2015). “Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi”. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Inderasari, Elen &Agustina, Tiya. (2017). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing dalam Program Bipa Iain Surakarta”. JPBSI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 6, Nomor 2, November 2017.

Nisa, Khairun. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru”. Jurnal Bindo Sastra, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2018.

Purwaningsih, S. (2016). “Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Dan Morfologi dalam Penulisan Surat Dinas Di Smk Harapan Kartasura”. Jurnal Tidak di Publikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosita, Farida Yufarlina, &Achsani, Ferdian. (2018). “Ketidakakefektifan Kalimat dalam Karangan Liburan Siswa Kelas X SMK Iptek Weru”. WACANA : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran,Volume 2, Nomor 2, Oktober 2018.

Sari, Ima Yuliama. (2017). “Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Ciamis”. Jurnal DIKSATRASIA,Volume 1, Nomor 2, Agustus 2017.

Setyawati, Nanik. (2010). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia : Teori dan Pragtik”. Surakarta : Yuma pustaka.

Triastuti, Wulan. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah Piyungan Tahun Ajaran 2017/2018”. Jurnal Tidak di Publiskan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1.1973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.