UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH DI KELAS VI SD NEGERI 5 OKU

M Rama Sanjaya, Dwi Asifa Sari

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini mengggunakan Model Pembelajaran Pemberian Tugas Rumah, dimana setelah mengujicobakan model tersebut, diharapkan dapat meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar khusunya pada mata pelajaran  bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah apakah model pembelajaran pemberian tugas rumah dapat meningkatkan proses belajar mengajar di kelas VI SD Negeri 5 OKU. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan proses belajar dan mengajar dengan model Pembelajaran Pemberian Tugas Rumah, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penerapan model tersebut dapat meningkatkan proses belajar mengajar siswa kelas VI SD negeri 5 OKU khusunya pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan data yang diperoleh. Pada siklus pertama jumlah siswa yang terdiri dari 28 siswa, dengan siswa tuntas sebanyak 14 orang (50%) dan siswa tidak tuntas 14 (50%) , setelah dilakukan siklus kedua nilai siswa mengalami peningkatan sebesar  89,28% dengan rincian siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dan tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Adapun keberhasilan penerapan model tersebut melalui 3 tahap yaitu fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas, dan fase pertanggung jawaban tugas.


Keywords


SD negeri 5 OKU, siswa, model pembelajaran pemberian tugas rumah

Full Text:

PDF

References


Darmadi, Hamid. (2010). Kemampuan Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto. (2002). Kemampuan Dasar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Insiiator. Semarang: Sagha Grafika.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.